London,(ANTARANews) - Striker Manchester City Emmanuel Adebayor membantah bahwa uang menjadi alasan kepindahannya dari Arsenal menuju klub Eastlands itu.

Pemain internasional asal Togo itu, yang menandatangani kontrak lima-tahun dengan transfer yang diberitakan sebesar 25 juta pound ($40,77 juta) pada Sabtu, beralasan bahwa medali dan kebanggaan lah yang menjadi penentu kesepakatan itu, demikian dikutip dari Reuters.

"Orang-orang yang berpikir bahwa saya bergabung dengan City karena uang adalah salah," ujar Adebayor (25) pada lama klub itu (www.mcfc.co.uk).

"Jika saya pindah karena alasan itu maka saya pasti sudah bermain untuk Barcelona atau (AC) Milan pada musim lalu. Mereka memberi saya tawaran yang sangat besar dibanding Arsenal yang meminta saya untuk tetap tinggal."

Pemain terbaik Afrika pada 2008 itu tidak berhasil mendapatkan satu trofi pun bersama Arsenal setelah pindah dari AS Monaco pada 2006 ke klub asuhan Arsene Wenger itu.

"Pemimpin dan setiap orang di City ingin klub ini menjadi salah satu klub terbaik di dunia. Kami akan berjuang untuk mewujudkannya," tutur Adebayor, yang disambut hangat di klub itu oleh 300 penggemarnya SAbtu.

"Saya ingin meraih gelar juara dan trofi. Itulah ambisi saya. tim itu sudah memiliki kualitas dan seorang pelatih yang tahu apa yang dia inginkan dan dia juga orang yang baik."

Adebayor, yang mencetak 62 gol dalam 142 penampilannya dalam semua kompetisi bersama Arsenal, bergabung dengan para pemain yang juga baru dikontrak City seperti Carlos Tevez dari Argentina dan pemain Paraguay Roque Santa Cruz yang akan berperan sebagai lini penyerang gaya-baru Manchester City.

Pelatih City Mark Hughes juga memiliki Robinho, Craig Bellamy serta Benjani Mwaruwari sebagai pemain garis depan yang disegani lawannya.

"Setiap orang di klub itu telah memperlihatkan kepada saya rasa hormat mereka yang besar dan bagaiman mereka ingin membangun sesuatu. Saya mempunyai banyak ambisi dan ingin menjadi bagian dari keluarga City."

Adebayor akan bergabung dengan rekan-rekan di tim barunya ini dalam suatu tur pra-musim ke Afrika Selatan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009