Surabaya (ANTARA News) - Jadwal pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-23 tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Jember diundur dari semula pada tanggal 21-27 Juli 2009 menjadi 28 Juli-3 Agustus 2009.

"Perubahan jadwal itu baru kami umumkan hari ini dengan mengundang seluruh kafilah," kata Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama (Depag) RI Jawa Timur, Imam Haromain, di Surabaya, Rabu.

Penundaan itu diputuskan melalui surat nomor 451.15/2122/032/2009 yang ditandatangani Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, pada tanggal 14 Juli 2009.

Menurut Haromain pengunduran jadwal itu dilakukan untuk menyesuaikan jadwal kunjungan Menteri Agama, MaftuhBasyuni, ke Jawa Timur pada tanggal 28-29 Juli 2009.

"Untuk tempat pelaksanaan MTQ tingkat Jatim, tetap di Jember. Pihak panitia sudah melakukan persiapan," kata Haromain usai rapat koordinasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk membahas persiapan pelaksanaan MTQ.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jember, Juwito, menyatakan, perubahan jadwal itu tidak memengaruhi persiapan panitia.

"MTQ itu jadwal pelaksanaan yang diundur. Berbeda kalau dimajukan. Jadi tidak ada pengaruh dengan persiapan pihak panitia," katanya.

Untuk akomodasi peserta yang berasal dari 38 kabupaten/kota, menurut Juwito, pihak panitia sudah menyiapkannya secara matang.

Demikian pula perubahan jadwal itu tidak memengaruhi persiapan peserta. "Bagi kami perubahan ini tidak berpengaruh sedikit pun terhadap persiapan kami," kata Saiful Choiri, selaku Ketua Kafilah Kota Kediri itu.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009