Yerusalem (ANTARA News/AFP) - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Minggu, menyeru Presiden Palestina Mahmud Abbas untuk bertemu dengannya guna memulai kembali perundingan perdamaian Timur Tengah yang macet.

"Saya katakan kepada para pemimpin otoritas Palestina, mari bertemu untuk mencapai perdamaian politik dan ekonomi," kata Netanyahu dalam sebuah sidang kabinet mingguan.

Perdana Menteri garis keras itu sebelumnya menyeru Palestina untuk menghidupkan kembali perundingan perdamaian yang diluncurkan pada November 2007, namun ditunda setelah Israel melakukan perang tiga pekan di Gaza akhir Desember.

Palestina telah mengatakan mereka tidak akan menghidupkan kembali perundingan kecuali jika Israel menghentikan aktivitas pembangunan pemukiman di Tepi Barat yang dikuasainya sebagaimana permintaan AS, suatu hal yang sejauh ini ditolak oleh Netanyahu.

Pertemuan kabinet Minggu dilakukan di kota padang pasir Beersheva bukannya Yerusalem, untuk menunjukkan komitmen pemerintah atas pembangunan padang pasir Negev.

Netanyahu telah berbicara melalui telepon dengan Abbas sejak disumpah sebagai perdana menteri pada 31 Maret, namun belum bertemu dengan pemimpin Palestina itu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009