Moskow (ANTARA News/Reuters) - Pasukan keamanan di wilayah Ingushetia, Rusia, Sabtu telah membunuh empat gerilyawan, termasuk seorang pemimpin gerilyawan, kantor-kantor berita Rusia melaporkan.

Keempat tentara itu tewas dalam tembak-menembak antara pasukan Rusia, Ingushetia dan Chechnya serta satu kelompok gerilyawan dekat perbatasan Chechnya, kata sumber-sumber di pasukan keamanan Ingushetia seperti dikutip oleh kantor berita Interfax dan Ria Novosti.

Interfax juga mengutip ucapan pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov bahwa termasuk di antara yang tewas itu adalah Azamat Makhauri, seorang pemimpin gerilyawan yang menyebut dirinya sebagai "Emir Ingushetia", dan bahwa seluruhnya delapan gerilyawan telah tewas di daerah itu dalam 24 jam terakhir.

Ingushetia telah mengambilalih dari tetangganya Chechnya sebagai pusat kekerasan di sepanjang sisi selatan Rusia yang bergolak.

Pekan lalu, sembilan polisi Chechnya ditembak mati di Ingushetia dalam salah satu serangan paling mematikan di wilayah Kaukasus Utara itu dalam beberapa tahun belakangan.

Mereka dikirim oleh Kadyrov untuk membalas serangan bom bunuh diri terhadap pemimpin Ingushetia Yunus-Bek Yevkurov, yang sedang berjuang untuk hidupnya di rumah sakit.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009