Indianapolis, Indiana, (ANTARA News) - Michael Phelps memecahkan rekor dunia 100m gaya kupu-kupu pada Kamis, bukti bahwa masa transisi pasca Olimpiade berada di jalur yang benar.

Phelps, pemenang delapan medali emas di Olimpiade Beijing Agustus lalu, menang dalam waktu 50,22 detik, memangkas 0,18 detik dari rekor sebelumnya 50,40 detik yang dicetak rekan senegaranya Ian Crocker pada Kejuaraan Dunia 2005 di Montreal.

"Ini besar," kata Phelps mengenai pencapaian tersebut, "Ini sesuatu yang sangat ingin saya capai."

Penampilan tersebut membuat total rekor dunia perseorangan Phelps menjadi lima, dengan tiga rekor dunia estafet.

Sejak 2001, ketika ia mencetak rekor dunia pertamanya dalam 200m gaya kupu-kupu, Phelps sedikitnya telah mencetak satu rekor dunia setiap tahun kecuali 2005.

Itu adalah tahun pasca Olimpiade, dan pelatih Phelps, Bob Bowman, mengatakan ia belum yakin bahwa Phelps akan menurunkan catatan waktu dunia musim ini karena ia sedang melengkapi kembali latihannya untuk menangani event-event yang lebih pendek.

"Saya berharap ia akan berada dalam tim Kejuaraan Dunia," kata Bowman, "Saya tidak yakin ia akan memecahkan rekor dunia tahun ini."

Kenyataannya, Phelps sekarang sudah lolos ke tiga event dalam Kejuaraan Dunia yang akan datang di Roma, setelah menang pada 200m gaya bebas dan 200m gaya kupu-kupu pada Rabu. Ia akan mengikuti lomba 100m gaya bebas pada Jumat.

Tidak satu pun kemenangannya pada 200m di sini mendekati standarnya, dan ketika ia melihat catatan waktunya pada Kamis, Phelps melepas tutup kepalanya untuk merayakannya ketika penonton di Indianapolis University Natatorium berdiri dan menyorakinya.

Fakta bahwa rekor tersebut sudah empat tahun, dan dicetak oleh teman dan rival kuatnya Crocker, membuat penampilannya itu bahkan lebih memuaskan.

Phelps berhasil merebut rekor dunia pada 2003 - selama sehari - memperkecil catatan waktu pada semifinal Kejuaraan Dunia di Barcelona sebelum Crocker merebutnya kembali pada final.

"Sejak saat itu saya menginginkan ini," kata Phelps.

Phelps, yang memperbaiki rekor Crocker pada final Olimpiade 2004, dirampas oleh Crocker pada final Kejuaraan Dunia 2005.

"Saya kira ini sangat berarti," kata Bowman. "Dalam lomba di mana Ian memecahkan rekor itu, itulah kekalahan terburuk yang pernah dialami Michael."

Phelps tahu ia mendekati catatan waktu Crocker ketika ia berenang selama 50,40 dalam lomba di Montreal bulan lalu.

Tetapi ia mengakui bahwa ia agak terkejut berenang sangat cepat setelah istirahat panjang usai (Olimpiade) Beijing.

Ditambah lagi, ia kembali ke dalam tata cara baru latihan, yang dengan segera terganggu oleh larangan kompetisi tiga bulan setelah foto dalam tabloid yang menunjukkan ia dengan pipa mariyuana, demikian dikutip dari AFP.(*) 



 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009