Jayapura (ANTARA News) - Masyarakat Kota Jayapura, Papua mulai bersiap-siap beranjak menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terletak dekat dengan rumah mereka untuk memberikan suara pada pesta demokrasi Pemilihan umum Presiden (Pilpres).

Dari Jayapura, Rabu, ANTARA melaporkan, di Kelurahan VIM, Distrik Abepura, tampak Ketua Kelompok Pemungutan Suara (KPPS) Nurhadi Alhuri bersama warga setempat merapihkan kursi-kursi di TPS agar warga setempat dapat duduk menunggu giliran memberikan suara mereka pada pesta demokrasi itu.

Beberapa warga setempat yang beragama Islam, setelah melaksanakan shalat subuh di Masjid Asrama Haji,Kotaraja bergegas kembali ke rumah mereka masing-masing untuk sarapan dan bersiap-siap menuju TPS 06 Kelurahan VIM yang terletak di tengah perumahan Bumi Cenderawasih (Bucen) Damai.

Tampak pula banyak warga setempat yang bergegas pulang dari pasar berbelanja untuk selanjutnya menyiapkan diri menuju TPS terdekat.

Lokasi TPS terlihat sudah disirami air sehingga tidak terjadi debu sementara daun-daun dan sampah sisa-sisa botol air mineral yang berserakan di sekitar TPS sudah dibersihkan oleh warga setempat.

Balai pertemuan warga Bucen Damai Kompleks Asrama Haji Kota raja dijadikan tempat pencontrengan yang dinilai aman dan rahasia.

"Kami sudah siap menyelenggarakan Pilpres di TPS 06 Kelurahan VIM Distrik Abe. Semua surat pemberitahuan model C 4-PPWP sebagai undangan bagi masyarakat untuk datang ke TPS memberikan suara mereka sudah dibagi-bagikan sejak Selasa (7/7) dan masyarakat terlihat antusias untuk datang ke TPS," kata Ketua KPPS, Nurhadi Alhuri.

Pada surat pemberitahuan itu dicantumkan beberapa keterangan antara lain menyatakan, pemberian suara dengan tanda centang/contreng satu kali saja. Apabila lebih dari satu kali maka dinyatakan tidak sah.

Selain itu dikatakan bahwa pemilih yang menyandang cacat diberi kemudahan dalam memberikan suara.

Dia mengatakan, semua persiapan pemberian suara di TPS 06 Kelurahan VIM sudah rampung.Logistik Pilpres sudah tiba di TPS dan dijaga ketat oleh petugas keamanan setempat.

"Kita semua berharap, pemberian suara Pilpres hari ini berjalan aman dan lancar agar selesai tepat waktu," kata Nurhadi.

Dia mengakui kalau TPS 06 akan melaksanakan pemberian suara tepat waktu Pkl.08.00 WIT dan akan tuntas Pkl.14.00 WIT dan dilanjutkan dengan penghitungan suara.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009