Pangkalpinang (ANTARA News) - Sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu Presiden (Pilpres) 2009 di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) dijaga ketat anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga begadang di lokasi TPS.

Pantauan ANTARA, Selasa malam, di sejumlah TPS terlihat anggota PPS begadang di TPS untuk menjaga logistik pilpres agar pelaksanaan pencentangan pada Rabu, 8 Juli 2009 berjalan lancar.

Sejumlah aparat kepolisian juga melakukan patroli ke setiap TPS di Pangkalpinang untuk menjamin keamanan logistik, jumlah TPS di kota itu terdapat sebanyak 329 buah yang tersebar di seluruh kelurahan.

Romli, seorang anggota PPS di Pangkalpinang mengatakan, tidur di TPS untuk menjaga keselamatan TPS yang sudah didirikan sejak Selasa pagi secara bergotong royong bersama warga.

"Kami tidur di lokasi TPS agar aman, sambil penyempurnaan logistik Pilpres 8 Juli 2009, mudah-mudahan berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Anggota divisi logistik KPU Pangkalpinang, Sukartono mengatakan, lokasi TPS pilpres masih tetap sama dengan lokasi TPS pada pemilu legislatif lalu dan setiap TPS terdiri dari empat bilik suara.

"Pencentangan dilaksanakan mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB, bagi pemilih yang menggunakan KTP dan kartu keluarga menggunakan hak suaranya di atas pukul 12.00 WIB karena diprioritaskan bagi pemilih yang masuk ke dalam DPT," ujarnya.

Ia mengatakan, pemilih yang menggunakan KTP dan kartu keluarga masuk ke dalam mata pilih tambahan dan setiap PPS mencatat berapa jumlahnya baik laki-laki dan perempuan.

"Format acara penghitungan suara terpaksa diubah sedikit dengan menambahkan pemilih yang menggunakan KTP dan kartu keluarga, lengkap dengan umur dan jenis kelamin untuk memudahkan kami mendata berapa jumlah pemilih yang menggunakan KTP dan kartu keluarga," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009