Semarang,(ANTARA News) - Oscar de la Hoya dari Golden Boy Promotions (GBP) yang menjadi promotor pertarungan Chris John melawan Rocky Juarez bisa memaklumi kondisi juara dunia kelas bulu WBA tersebut sehingga tarung ulang kedua petinju terpaksa ditunda.

"Saya sempat berbicara langsung dengan Oscar de la Hoya dan yang bersangkutan bisa memaklumi kondisi sakitnya Chris John," kata Ketua Bidang Hukum Badan Pengembangan dan Pengawasan Olahraga Profesional Indonesia (BP2OPI), Haryo Yuniarto ketika dihubungi dari Semarang, Senin.

Bahkan Oscar de la Hoya berharap agar petinju yang memiliki julukan The Dragon tersebut segera bisa pulih kembali dari sakitnya katanya saat ditanya apakah ada kompensasi dari manajemen Chris John berkaitan dengan penundaan pertarungan ulang tersebut.

Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John sendiri mengabarkan kalau tarung ulang kembali melawan Rocky Juarez bakal dilaksanakan sekitar Agustus atau September 2009.

"Tempatnya tetap sama, yaitu di Staples Center Los Angeles, Amerika Serikat," kata Chris John yang dihubungi secara terpisah.

Chris John dan rombongan termasuk Haryo Yuniarto sampai kini masih berada di Los Angeles dan direncanakan pulang ke Indonesia Senin (29/9) waktu Indonesia atau Minggu (28/6) waktu di Aemrika Serikat dan dijadwalkan tiba di Jakarta, Selasa (30/6).

Tarung ulang antara juara dunia kelas bulu WBA, Chris John melawan penantangnya, Rocky Juarez di Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Juni 2009 terpaksa ditunda karena suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati itu mengalami gangguan pernafasan atau yang disebut "oxygen toxicity syndrome" atau "oxygen intoxication".

Sakit tersebut diderita petinju yang sudah 11 kali mempertahankan gelarnya tanpa putus tersebut saat menjalani sesi latihan dengan mitra latih tanding di Los Angeles. Pada saat sakit itu sudah memasuki ronde kelima.

Kemudian pada pertengahan ronde keenam terpaksa dihentikan karena petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng, harus menjalani perawatan, padahal saat sakit tersebut pertarungan melawan Juarez kurang satu minggu.

Kegagalan naik ring ini sudah kedua kali bagi ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani). Yang pertama saat akan menghadapi Jackson Asiku yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta, 27 Juli 2008 karena kedua petinju tidak bersedia melakukan timbang badan.

Kemudian yang kedua adalah saat akan bertarung melawan Rocky Juarez di Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Juni 2009 karena Chris John mengalami gangguan pernafasan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009