Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John, membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat minggu untuk mengembalikan kesehatannya setelah pinggsan menjelang pertandingannya melawan petinju AS, Rocky Juarez.

Ketua Bidang Hukum Badan Pengembangan dan Pengawasan Olahraga Profesional Indonesia (BP2OPI), Haryo Yuniarto, ketika dihubungi dari Semarang mengungkapkan bahwa Chris John menderita gangguan pernafasan atau yang disebut oxygen toxicity syndrome atau oxygen intoxication.

Sakit Chris John itu diketahui berdasarkan pemeriksaan dokter di DHP Elite Training California, tempat petinju kelahiran Banjarnegara, Jateng itu menjalani pemeriksaan.

"Jadi tidak benar jika Chris John menderita anemia apalagi sampai HIV/Aids, begitu pula dengan soal keuangan yang berkaitan dengan ticketing," katanya menegaskan.

Ia juga membantah kalau Chris John sempat pinsan pada saat latihan. "Yang benar adalah pada ronde kelima Chris John mengalami gangguan pernafasan yang berakibat latihan dihentikan pada pertengahan ronde keenam," katanya.

Saat ini Haryo Yuniarto sedang berada di Los Angeles, AS dan beberapa hari lalu sempat bertemu dengan Chris John yang sebenarnya sedang mempersiapkan diri menghadapi penantangnya, Rocky Juarez, di Staples Center, Los Angeles, yang dijadwalkan 27 Juni Ini.

Namun karena sakit, Chris John tidak bisa naik ring.

"Saat ini saya sedang mengupayakan jadwal tanding ulang Chris John ke Golden Boy Promotions (GBP). Chris John masih berada di sini karena akan menerima gelar Super Champions, 27 Juni 2009," katanya.

Menurut istri Chris John, Anna Maria Megawati, sakit yang diderita suaminya itu baru pertama kali ia derita sepanjang kariernya di dunia tinju.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009