Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengharapkan para capres dan cawapres menyampaikan visi pemberantasan korupsi di kantor KPK, kata Wakil Ketua KPK Muhammad Jasin di Jakarta, Rabu.

"Kami berharap para calon pemimpin Indonesia mendatang memiliki visi hukum yakni pemberantasan korupsi sampai zero toleransi," katanya kepada pers.

KPK sendiri sudah mengirim surat kepada tim kampanye ketiga pasangan capres-cawapres untuk menyampaikan visinya soal pemberantasan korupsi dengan jadwal yang berbeda-beda.

Visi dan misi capres-cawapres soal pemberantasan korupsi, sangat penting diketahui masyarakat karena menyangkut pandangan dan sikap semua capres-cawapres dalam upaya mencegah dan menindak korupsi, demikian Jasin.

"Upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK selama ini sudah berjalan cukup efektif," katanya.

Sementara Wakil Ketua KPK Haryono Umar mengatakan, penindakan korupsi yang dilakukan KPK meningkatkan kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia.

Menurut dia, lembaga KPK bukan milik pimpinan atau pegawai KPK tapi milik negara Indonesia yang bisa memperbaiki citra bangsa Indonesia di dunia internasional.

"Salah satu indikator negara dikatakan maju dan sejahtera jika indeks persepsi korupsinya bagus atau tingkat korupsinya rendah," timpal Jasin. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009