Semarang  (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter, dirinya belum layak bertanding menghadapi penantangnya, Rocky Juarez yang dijadwalkan berlangsung di Steples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Juni 2009.

"Kondisi saya memang sudah membaik tetapi belum layak untuk naik ring dan sekarang ini terus melakukan cek fisik secara intensif," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Selasa.

Ia mengatakan, dirinya mengalami sedikit kelainan di pernafasan dan kekurangan oksigen di dalam darahnya.

"Saya tidak dirawat di rumah sakit tetapi hanya menjalani rawat jalan di sini (Channel Island)," kata petinju yang sudah 11 kali mempertahankan gelarnya sejak merebut dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali 2003.

Chris John tidak menjelaskan apakah sisa waktu yang empat hari ini bisa menyembuhkan sakitnya. Tetapi yang jelas sampai kini suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati itu dinilai belum layak tanding melawan petinju tuan rumah Rocky Juarez.

Seperti diwartakan sebelumnya, juara dunia tinju kelas bulu versi WBA Chris John diberitakan batal mempertahankan gelar juara menghadapi penantangnya petinju tuan rumah AS Rocky Juarez pada pertarungan ulang yang direncanakan digelar 27 Juni 2009 di Staples Center, Los Angeles, AS.

Menurut ESPN yang dikutip situs fightnews.com, Senin, Chris John mengalami masalah pada aliran darah yang membuatnya sempat pingsan saat melakukan pemanasan, Sabtu (Minggu WIB).

ESPN tidak merinci lebih jauh masalah darah yang dialami Chris John.

Saat ini sedang dicari calon lawan Juarez untuk menggantikan Chris John.

Sebenarnya sudah berada di Amerika Serikat untuk menghadapi tarung ulang melawan Juarez sejak akhir Mei 2009, bahkan sebelumnya juga sudah melakukan persiapan di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia, sejak awal April 2009.

Pertarungan ulang ini dilakukan setelah pada pertarungan pertama di Toyota Center Houston Texas, Amerika Serikat, 28 Febuari 2009 berakhir dengan hasil imbang 114-114.

Usai pertarungan tersebut, Oscar de la Hoya dari Golden Boy Promotions menyatakan siap mempertemukan kedua petinju lagi atau "rematch". (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009