Beijing (ANTARA News) - Keuntungan yang diraih saat pelaksanaan Olimpiede Beijing 2008 pada 8-24 Agustus 2008 mencapai lebih dari satu miliar yuan atau sekitar 146 juta dolar AS, demikian disampaikan Kantor Audit Nasional (NAO) China.

"Laporan yang disampaikan melalui laman resmi NAO menyebutkan total biaya operasional Olimpiade mencapai 19,343 miliar yuan (2,829 miliar dolar AS) dan pendapatan operasional 20,5 miliar yuan (3 miliar dolar AS)," demikian NAO seperti dikutip China Daily di Beijing, Sabtu.

Terpisah dari biaya operasional, China juga membelanjakan 19,49 miliar yuan untuk membangun 102 proyek gedung di Beijing dan lima gedung lainnya di kota lain yang juga menjadi tempat penyelenggara pertandingan.

Dari sejumlah gedung sebanyak itu, sebanyak 36 gdung dipergunakan sebagai tempat pertandingan dan sisanya digunakan untuk tempat latihan.

Pendapatan operasional terutama datang dari program hak siar dan pemasaran.

Biaya-biaya yang dikeluarkan sebesar 5,092 miliar yuan untuk penyiaran, akomodasi, transportasi dan layanan medis, senilai 1,272 miliar yuan untuk acara pembukaan dan penutupan, keliling obor, dan aktivitas promosi, sementara 1,424 miliar yuan untuk sumber daya manusia.

Biaya acara pembukaan dan penutupan Olimpiade dan Paralimpik keduanya mencapai 831 juta yuan, sementara pendapatan Paralaimpik (Olimpiade khusus penyandang cacat) sebesar 863 juta yuan atau sekitar 126,243 juta dolar AS.

Keuntungan yang diperoleh dari Olimpiade dan Paralimpik akan digunakan untuk pengembangan olahraga, memperbaiki fasilitas olahraga dan menyelenggarakan kegiatan pertandingan bagi masyarakat umum.

Panitia Pelaksana Olimpiade Beijing (BOCOG) adalah tubuh organisasi pertama yang menyelenggarakan sekaligus Olimpiade dan Paralimpik.

"Sesuai rata-rata pertukaran mata uang asing, biaya Olimpiade Beijing lebih rendah dibanding Olimpiade 2004 Athena dan seperti diketahui budjet untuk Olimpiade mendatang akan lebih besar dari Beijing. Sehingga biaya Olimpiade Beijing tidak lebih mahal," sebut NAO.

Biaya Olimpiade Athena mencapai 2,4 miliar dolar AS dan dilaporkan meraih keuntungan 155 juta dolar AS. NAO mulai melakukan auditing keuangan BOCOG pada pertengahan 2005. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009