Bekasi (ANTARA News) - Capres Boediono mengharapkan pertumbuhan industri nasional dijaga dengan terus memperbaiki iklim usaha, seperti dengan mengurangi berbagai pungutan yang tidak sah.

"Jangan lagi ada yang mengganggu industri kita dengan pungutan-pungutan. Itulah mengapa kami SBY-Boediono mencita-citakan pemerintahan yang bersih. Kalau pemerintah bersih, saya yakin usaha seperti ini akan terus bersemi," kata Boediono di hadapan ratusan pekerja perusahaan baja PT Citramas di Bekasi, Sabtu.

Menurut dia, pemerintahan yang bersih akan menciptakan iklim usaha yang baik sehingga industri nasional baik kecil dan besar bisa terus berkembang dengan baik.

"Kita akan menjaga agar industri nasional terus tumbuh menjadi besar. Industri nasional harus didukung karena itu merupakan tulang punggung ekonomi nasional," katanya.

Selain itu, lanjut Boediono, untuk mendukung industri nasional stabilitas ekonomi makro juga harus dijaga sehingga kestabilan usaha dan prospek perkembangannya bisa berjalan baik.

Dia mengatakan, kunci pengembangan industri nasional agar bisa bersaing di dunia internasional terletak pada upaya menciptakan pemerintahan yang bersih di pusat dan daerah.

"Kita mulai dengan menghilangkan korupsi nomor satu, itu harus berlanjut, dan juga harus ada upaya melembagakan aturan main yang bagus atau reformasi birokrasi," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009