Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional junior Indoensia siap tampil di ajang sepak bola pelajar usia di bawah 14 tahun "ASEAN School Sport Games" yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, 21 hingga 29 Juni 2009.

"Sebanyak 10 pemain yang terpilih masuk tim pelajar ini merupakan yang terbaik dari hasil kejuaraan sepak bola Piala Menpora 2009," kata Manajer Timnas U-14, Helmi DJ, usai pelepasan tim oleh Staf Ahli Sumber Daya Olahraga Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, James Tangkudung, di Jakarta Jumat.

Menurut dia, bukan hanya kualitas pemain dari hasil seleksi namun para pemain juga harus sesuai aturan dengan rata-rata berusia tidak lebih dari 14 tahun.

"Tidak ada titipan. Semua pemain dijaring berdasarkan kualitas dan sesuai ketentuan usia," katanya.

Ia menegaskan bahwa usia para pemain berdasarkan ijazah dan akte kelahiran mereka.

Timnas pelajar ini akan ditangani pelatih Patar Tambunan dengan Aji Ridwan Mas.

Sementara itu, pelatih yang juga mantan pemain nasional Patar Tambunan menyatakan, timnya menargetkan gelar juara di kejuaraan ini.

"Kami memang baru pertama kali tampil. Tapi, kami punya target meraih gelar juara," katanya.

Menurut dia, tim sudah selama seminggu melaksanakan persiapan final dengan melaksanakan dua kali uji coba yakni dengan mantan timnas U 14 dan SSB Tunas. Kedua uji coba itu dimenangkan Yogi Rahadian dan kawan-kawan.

"Saya tidak terlalu khawatir dengan kondisi fisik pemain karena pertandingan bukan sepakbola konvensional tetapi mini soccer. Mereka akan bermain setengah lapangan dan waktunya 2 X 20 menit." kata Patar Tambunan.

Sedang Staf Ahli Sumber Daya Olahraga Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, James Tangkudung mengingatkan bahwa timnas dapat merebut prestasi yang karena dulu, sepak bola pelajar Indonesia sangat ditakuti di kawasan Asia Tenggara.

"Kalau bisa prestasi dulu bisa diulang kembali. Gunakan kelincahan dan tingkatkan motivasi untuk meraih prestasi puncak," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009