Paris (ANTARA News) - Kapten Liverpool, Steven Gerrard, mengakui bahwa ia boleh jadi akan pensiun dari pertandingan sepak bola saat kontraknya sekarang ini berakhir pada 2013, katanya dalam wawancara dengan majalah France Football yang disiarkan, Selasa.

Gerrard melakukan debutnya untuk klub tersebut tahun 1988 dan sejak itu ia merebut dua Piala FA, satu Piala Liga, satu Piala UEFA, dan Liga Champions 2005, ketika ia mengilhami timnya untuk mengalahkan AC Milan setelah ketinggalan 0-3.

"Saya akan berusia 33 tahun pada akhir kontrak saya tahun 2013 dan saya tidak tahu apakah saya akan terus bermain," kata Gerrard (29), yang oleh Persatuan Penulis Sepak Bola dinyatakan sebagai Pemain Terbaik 2008-09 setelah mencetak 24 gol di semua kompetisi.

"Bila saya pensiun, maka saya akan tahun bahwa mulai dari awal hingga akhir karir saya, saya hanya bermain untuk satu klub. Dan saya tidak ingin memikirkan tentang memakai kaos tim lainnya pada masa mendatang.

"Dahulu saya hampir pergi, barangkali dua kali, terutama tahun 2005. Tahun itu sangat jauh untuk merebut gelar Liga Primer dan Chelsea berminat pada saya.

"Saat itu merupakan masa yang sulit bagi saya. Tetapi, sekarang saya sangat senang bahwa saya memilih tinggal di sini. Klub ini telah memberikan kebanggaan nyata pada saya."

Satu-satunya trofi utama yang belum direbut Gerrard dalam karirnya di Liverpool adalah gelar Liga Primer, sementara klub raksasa Merseyside itu belum mengakhiri suatu musim di puncak Sepak Bola Inggris sejak 1990.

Tetapi, tim asuhan Rafa Benitez itu akhirnya berhasil memberikan tekanan terhadap juara Manchester united musim lalu, dan Gerrard yakin mereka akan mampu memberikan tantangan yang bahkan lebih besar pada masa mendatang.

"Saya kira pengalaman kekalahan akan membantu kami pada musim mendatang," katanya.

"Bila Anda seorang pemain, akan selalu merasa tidak suka melihat pemain lainnya merebut trofi.

"Tim membuat kemajuan besar musim lalu. Hari ini kami lebih dekat merebut gelar dibanding yang lalu.

"Manchester United mempunyai lebih dalam di skuad mereka dibanding kami, kami harus realistis.

"Tetapi, bila kami dapat menambah dua atau tiga pemain berkualitas dari yang kami sudah punyai, kami akan satu tingkat dengan mereka. Perekrutan di musim panas akan menentukan," katanya seperti dilaporkan AFP. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009