Roma (ANTARA News/AFP) - Italia akan menambah 400 tentara ke kontingen 2.800 tentaranya di Afghanistan untuk pemilihan di negara itu Agustus, Menteri Pertahanan Ignazio La Russa mengatakan pada parlemen, Selasa.

"Kami telah mensahkan...400 pria dan wanita untuk pemilihan yang akan tinggal di Afghanistan hingga September atau Oktober tergantung pada apakah ada putaran kedua" setelah pemilihan putaran pertama pada 20 Agustus, kata La Russa.

Dua lagi jet tempur Tornado akan dikirim "secepat kondisi teknik dan logistik baik di pangkalan di Herat," ia mengatakan.

Jika dapat, dua pesawat angkut militer dan tiga helikopter untuk evakuasi medis juga akan dikirim, ia menambahkan.

Italia juga akan mengirim 56 pejabat polisi "untuk menyelesaikan dan memperkuat pelatihan polisi Afghanistan," kata La Russa.

Kampanye dalam pemilihan presiden Afghanistan secara resmi telah dimulai Selasa dan akan berlangsung hingga 17 Agustus.

Di tengah kekhawatiran bahwa gerilyawan Taliban yang berada di balik serangan kekerasan yang mencapai rekornya dalam beberapa pekan belakangan ini dapat berupaya untuk menyerang pemilihan, ribuan balabantuan Barat berdatangan.

Pekan lalu serangan meningkat dengan 40 persen dibanding pekan sebelumnya, menurut kementerian dalam negeri, meskipun ada kehadiran hampir 90.000 tentara di dua pasukan internasional, pasukan NATO dan pasukan pimpinan-AS.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009