Pekan Baru, Riau,(ANTARA News) - Calon Presiden M Jusuf Kalla menjanjikan waktu tiga bulan untuk membenahi alat utama sistim senjata (Alutsista) TNI jika ia terpilih sebagai presiden.

"Saya janji tiga bulan akan saya selesaikan soal Alutsista," kata Capres M Jusuf Kalla di dalam pesawat selama perjalan dari Banda Aceh menuju Pekan Baru, Riau, Sabtu.

Menurut Jusuf Kalla, sebenarnya mudah saja membenahi Alutsista TNI. Yang dibutuhkan hanya keberanian mengambil keputusan dan adanya jaringan

Jusuf Kalla mencontohkan ketika ia memutuskan untuk membuat 150 panser baru. Menurut Kalla, semua itu dilakukan tanpa menggunakan anggaran.

"Jangan terpaku oleh anggaran. Yang dibutuhkan hanya keberanian dan jaringan. Mudah itu," kata Kalla menegaskan.

Kalla juga menjelaskan bahwa persoalan alutsista ini menyangkut tiga hal yakni, ketersediaan suku cadang, perawatan rutin dan pembelian pesawat baru.

"Itu semua dalam waktu tiga bulan bisa diselesaikan. Setidaknya untuk keseluruhan membutuhkan waktu enam bulan," kata Kalla.

Kalla merasa geram akhir-akhir ini banyak pesawat TNI yang mengalami kecelakaan. Semua itu harus segera dibenahi.

Jusuf Kalla juga menjelaskan sebenarnya presiden bisa saja mengeluarkan anggaran cadangan untuk menyelesaikan persoalan ini.

"Yang dibutuhkan hanya keberanian mengambil keputusan," kata Jusuf Kalla.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009