Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Pansus RUU Pemilu, Ferry Mursyidan Baldan, meminta masyarakat untuk tidak meremehkan kemampuan artis yang menjadi anggota dewan.

"Tidak bisa menjadi gambaran soal belum adanya pengalaman bagi anggota DPR baru ini. Intinya jangan terlalu mengkhawatirkan mereka," katanya di DPD, Jumat.

Diakui Ferry, dirinya juga mulai bekerja di DPR dari ketidaktahuan.

"Saya juga dulu tidak tahu apa-apa. Yang penting kita mau belajar," tambahnya.

Ferry mengusulkan anggota dewan baru belajar secara otodidak.

"Yang penting, kita tak boleh meragukan mereka secara berlebihan. Kita percaya bahwa mereka juga bisa melakukan," katanya.

Anggota Komisi II DPR ini menghormati hasil pemilu legislatif yang menjadikan para artis ini menjadi calon anggota DPR.

Ia berharap, anggota dewan yang baru ini punya motivasi untuk bekerja optimal dan menjadi anggota DPR yang melaksanakan fungsinya dengan baik.

"Oleh karena itu, sekarang ini mumpung masih ada waktu beberapa bulan sebelum dilantik, masih bisa melatih diri," katanya.

Ferry menambahkan, tidak ada undang-undang yang melarang artis menjadi anggota dewan. Bahkan menurut dia, sejumlah artis memiliki kemampuan yang baik.

Lebih lanjut ia mengatakan, yang perlu disadarkan bagaimana membangun kerja kolektif.

"Karena tidak ada kerja individual dan mencari prestasi sendiri di DPR. Itu yang perlu kita ingatkan. Oneng, Miing dan Nurul Arifin yang saya kenal secara personal cukup bagus," jelasnya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009