Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan yang dibutuhkan bangsa Indonesia saat ini adalah pemimpin yang kuat dan memiliki keimanan.

"Jika kita ingin bangsa ini kuat harus dipimpin oleh pemimpin yang kuat dan memiliki keimanan serta pengetahuan yang cukup," kata Wapres M Jusuf Kalla saat menutup Rapimnas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2009 di Jakarta, Kamis malam.

Menurut Wapres hal itu diperlukan bangsa Indonesia untuk menyelesaikan berbagai masalah yang sedang dihadapi.

Jusuf Kalla mengatakan, kombinasi kepemimpinan yang kuat, memiliki pengetahuan dan beriman mutlak diperlukan.

"Bisa saja kepemimpinan yang kuat tetapi kalau tidak memiliki keimanan akan bisa seperti Hitler," katanya.

Sementara syarat berpengetahuan yang cukup diperlukan untuk bisa mengelola dan memecahkan berbagai persoalan bangsa.

"Siapapun pemimpinnya harus mampu bertindak lebih cepat dan lebih baik. Kenapa kita harus lebih cepat?. Karena kita sudah terlambat banyak," kata Wapres yang disambut tepuk tangan.

Ia menjelaskan saat ini Indonesia telah tertinggal jauh dengan India dan China.

"Karena itu supaya kita bisa dihargai dan berwibawa di antara bangsa-bangsa lain kita harus lebih cepat dan lebih baik," katanya.

Namun untuk itu semua, tambahnya, bangsa Indonesia harus mampu mencapai kemandirian, baik kemandirian ekonomi maupun yang lainnya.

"Kemandirian berarti bagaimana mandiri dalam bidang ekonomi," kata.

Sebelum Rapimnas LDII 2009 menyampaikan pernyataan sikapnya. Salah satu butir pernyataan sikap LDII menyerukan semua elite politik bisa menegakkan etika politik serta menerapkan praktik-praktik politik yang terpuji.

LDII juga menyerukan seluruh rakyat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 8 Juli mendatang.

Selain itu LDII mendukung dibangunnya PLT Nuklir setelah melalui pengkajian secara seksama guna memenuhi kebutuhan energi dan meminimalkan biaya energi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009