Bangkok (ANTARA News) - Arab Saudi dan Bahrain melewatkan kesempatan untuk melangkah mulus ke putaran final Piala Dunia setelah gagal tampil gemilang pada pertandingan tandang mereka, Rabu, sementara Iran bangkit untuk merebut satu tiket ke Afrika Selatan.

Saudi dan Bahrain harus bersaing pada pertandingan pekan depan untuk menentukan tim yang langsung lolos dan dua tempat ke babak playoff, demikian dikutip dari Reuters.

Bahrain kalah 0-2 dari tim Australia di Sydney, sedangkan Saudi ditahan imbang tanpa gol oleh Korea Selatan di Seoul.

Iran tetap mengincar satu tempat di putaran final Piala Dunia yang keempat bagi mereka saat menang 1-0 atas Uni Emirat Arab dengan gol mengagumkan Ali Karimi di Tehran.

Sementara Jepang, yang sudah lolos kualifikasi, seri 1-1 melawan tamunya Qatar di Yokohama. Gol bunuh diri di menit ketiga mengubur impian Qatar untuk pertamakalinya mencapai putaran final Piala Dunia.

Arab Saudi berbagi angka sama dengan Korea Utara 11 poin di bawah Korea Selatan dan akan saling berhadapan di Riyadh sehingga pemenang pertandingan akan menempati posisi kedua grup dua zona Asia.

Dengan lolosnya Jepang dan Australia, Bahrain harus menghindari kekalahan saat menjamu Uzbekistan agar mendapat tempat ke playoff di grup satu.

Australia mempertahankan rekor tak terkalahkan berkat gol Mile Sterjovski dan David Carney.

Di Yokohama, Jepang memimpin lebih dulu setelah gol bunuh diri Ahmed Ali Albinali pada menit ketiga namun pasukan Qatar bisa menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Ali Yahya pada menit ke-53.

Jepang bermain seperti kehilangan fokus karena sudah memastikan tempat di turnamen ini.

"Kami membuang banyak energi malam ini karena mempersulit keadaan. Kami sangat kelelahan dan masih harus memperbaiki banyak hal," kata pengatur serangan Shunsuke Nakamura.

Sementara Iran seharusnya menang dengan skor telak menghadapi Uni Emirat Arab yang belum pernah menang.

Vahid Hashemian seharusnya dapat membuat Iran unggul pada menit ke tiga dan serangkaian kesempatan mencetak angka juga terlewatkan pada babak pertama.

Tim tuan rumah mencetak gol setelah turun minum saat mantan pemain terbaik Asia Karimi melewati barisan pertahanan sebelum menjaringkan bola ke sudut bawah gawang.

Iran bisa meraih tiket langsung ke putaran final jika mampu menundukkan Korea Selatan pada 17 Juni apabila Korea Utara dan Arab Saudi bermain seri.

Di Seoul, Saudi yang hanya bermain dengan 10 orang, karena Ahmed Ateef pada menit ke-80 mendapat kartu kuning kedua, tidak mampu berbuat banyak saat Korea Selatan mendominasi pertandingan yang diinspirasi oleh pemain tengah Ji Sung Park. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009