Jayapura (ANTARA News) - Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPC) berhasil meraih akreditas dari Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Provinsi Papua dengan nilai "A" plus.

"YPJ telah berhasil memenuhi kualifikasi delapan komponen standar pendidikan nasional dengan akumulasi nilai akreditasi rata-rata di atas 90," kata Ketua Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Papua, G.Tetol di Jayapura, Selasa.

Menurutnya, YPJ bisa mendapatkan akreditasi dengan nilai A, bukan karena sekolah atau yayasan tersebut berada di bawah PT.Freeport Indonesia (PTFI) sehingga mempunyai fasilitas dan sarana pra sarana belajar mengajar yang mendukung untuk peningkatan mutu sekolah.

"Dua hal yang dimiliki YPJ adalah kualitas guru dan spesifikasi bidang studi yang dikuasai tenaga pengajar cukup baik dan representatif," ujarnya.

Selain itu, para siswa dan guru YPJ juga telah menunjukkan prestasinya dengan meraih sejumlah ajang kompetisi pendidikan mulai tingkat lokal hingga internasional.

Delapan standar pendidikan yang ditetapkan BSNP adalah komponen standar isi, standar proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan pra sarana, pengelola, pembiayaan serta penilaian.

Akreditasi merupakan penilaian terhadap suatu institusi pendidikan yang tidak dibedakan antara yang berstatus negeri atau pun swasta.

Atas pencapaian nilai akreditasi "A", menurut Tetol, YPJ sudah bisa diusulkan menjadi Sekolah Bebasis Inteernasional (SBI).

Namun demikian, untuk menjadi SBI, suatu sekolah harus memperoleh akumulasi nilai akreditasi rata-rata 95. Oleh karena itu, diharapkan YPJ dapat terus meningkatkan dan mempertahkan kualitas pendidikan yang dijalankan.

Keberhasilan YPJ ini diharapkan pula dapat memotivasi sekolah-sekolah lain yang ada di Papua untuk memperbaiki dan senantiasa meningkatkan mutu pendidikan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009