Jayapura (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Inspektur Jenderal FX Bagus Ekodanto mengatakan bahwa Decky Imbiri, pemimpin kelompok bersenjata yang menduduki Lapangan terbang Kapeso, di Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua, diduga adalah seorang mantan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Mereka diduga mantan TNI, namun dari kesatuan mana belum diketahui secara pasti, dan saat ini kami terus mengecek data tentang yang bersangkutan," kata Kapolda kepada wartawan di Jayapura, Sabtu.

Kapolda menjelaskan, informasi tersebut dari keterangan seorang perempuan yang ditangkap aparat.

FX Bagus mengemukakan, Decki Imbiri adalah seseorang yang tergolong ahli dalam strategi militer.

"Decki ini desersi dari TNI dan melarikan diri hutan, namun kapan hal itu terjadi dan apa pangkat terakhirnya masih belum diketahui secara jelas dan masih tetap diselidiki," kata Kapolda.

Menurut Kapolda, perempuan yang ditangkap bernama Nela Manseren  dan saat ini masih dimintai keterangan di  Kampung Bagusa, tidak jauh dari Kampung Kapeso.

Decki Imbiri berhasil merekrut sedikit-dikitnya 150 orang pemuda kampung Kapeso untuk dilatih ala militer. "Kabarnya dia juga memiliki seorang ahli spiritual yang akan mengajarkan setiap anggota baru yang direkrut dengan pengaruh secara keagamaan," paparnya.

Decki Imbiri bersama puluhan anggotanya menduduki lapangan terbang Kapeso yang terletak di Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua, sejak beberapa pekan terakhir. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009