Jakarta, (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin pagi menguat mendekati angka Rp10.200 per dolar, karena pelaku masih memburu rupiah.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS naik menjadi Rp10.255-Rp10.265 per dolar dibanding penutupan akhir pekan lalu yang mencapai Rp10.280-Rp10.290 atau naik 25 poin.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga di Jakarta, Senin mengatakan, pergerakan rupiah saat ini cukup bagus yang menunjukkan aliran dana asing ke pasar domestik masih besar.

Karena kebutuhan dolar pada awal bulan ini dapat dipenuhi, sehingga tidak menekan rupiah bahkan memicu mata uang lokal itu menguat, ucapnya.

Menurut Edwin Sinaga , permintaan dolar AS dari BUMN yang cukup besar itu dapat diantisipasi dengan masuk dana asing terutama investor dari Timur Tengah yang berminat dalam bisnis syariah.

"Kami optimis rupiah akan kembali menguat dan pada pekan ini kemungkinan akan dapat mencapai angka Rp10.200 per dolar", katanya.

Meski rupiah menguat, lanjut dia aktifitas perdagangan belum ramai, karena sebagian pelaku pasar masih berada di luar menunggu perkembangan lebih lanjut.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009