Bojonegoro (ANTARA News) - Kereta Api (KA) barang dengan 15 gerbong dihentikan di stasiun Kota Bojonegoro, Jawa Timur, dan lokomotifnya  dengan nomor seri CC 201104 dikirim ke lokasi kecelakaan KA Sembrani dengan truk crane di perlintasan KA jalan Wadu, Kecamatan Kedungtuban, Blora, Jawa Tengah.

"KA barang dari Jakarta ke arah Surabaya dihentikan di Bojonegoro dan lokonya dikirim ke lokasi kecelakaan KA Sembrani,"kata Petugas Stasiun KA Bojonegoro, Lukman Hakim, kepada ANTARA,Minggu.

Dia menyatakan, kemungkinan loko KA barang dimanfaatkan untuk mengganti loko KA Sembrani yang bertabrakan dengan truk kran di Blora itu.

Dia menjelaskan, KA Sembrani dari Surabaya dengan jurusan Jakarta tersebut keluar dari stasiun Kota Bojonegoro pukul 21.30 WIB dan mengalami kecelakaan menabrak truk crane di Blora. Akibat tabrakan itu, lokomotif dan salah satu gerbong bagian depan, anjlok dan sekarang ini proses evakuasi sedang dilakukan.

Diperkirakan lokomotif KA Sembrani rusak karena ajlok dari rel sehingga harus diganti dengan lokomotif lain

"Untungnya  ini hari Minggu, setelah KA Sembrani berangkat dari Surabaya menuju Jakarta, sudah tidak ada lagi KA barang. Kalau pada hari biasa, setelah KA Sembrani masih ada dua buah KA barang dari Surabaya ke arah Jakarta," katanya.

Saat berita ini diturunkan,  jalur KA dari Surabaya menuju Jakarta maupun sebaliknya  sudah tidak lagi dilewati rangkaiant. KA pertama yang lewat yakni KA Kertajaya dari arah Jakarta dengan tujuan Surabaya masuk stasiun Bojonegoro pupuk 04.30 WIB.

"Baru setelah itu KA lainnya, merupakan KA penumpang dari arah Jakarta ke Surabaya, sedangkan dari arah Surabaya, pagi hari tidak ada KA menuju Jakarta,"katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009