Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib amankan posisi runner up Liga Super Indonesia (LSI) 2009 setelah berpesta gol atas Deltras Sidoarjo 6-1 (3-1) di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu.

Kemenangan besar tim Maung Bandung itu merupakan "kado" istimewa bagi bobotoh karena duel tersebut merupakan laga terakhir di Bandung.

Hasil itu memperkokoh Persib di posisi runner up Klasemen Sementara LSI 2009 di bawah Persipura. Hilton Moriera dkk saat ini mengumpulkan nilai 63 hasil 31 kali bertanding.

Sedangkan bagi Deltras masih berkutat di zona degradasi dengan nilai 26.

Sukses Persib juga diwarnai aksi memukau Christian Gonzales yang mencetak hatriknya yang pertama untuk Persib.

Gol pembuka pemain pinjaman dari Persik Kediri itu dilesakan melalui sundulan kepala menit ke-44. Gol kedua diciptakan sambil menjatuhkan diri menit ke-59 dan penalti menit ke-62.

Dengan hatrik ke gawang Deltras, untuk sementara Gonzales berposisi sebagai pencetak gol terbanyak dengan 26 gol.

Sedangkan dua wing back Persib, Atep dan Gilang Angga mempersembahkan gol pembuka bagi Persib Bandung pada menit ke-7 dan 32.

Kemenangan Persib digenapkan striker asal Brasil, Rafael Bastos yang mencetak gol hanya berselang semenit setelah masuk menggantikan Hilton Moriera pada menit ke-70.

Pada pertandingan yang disaksikan sekitar 40.000 penonton itu Deltras sempat menyamakan kedudukan 1-1 melalui gol Dede Hugo menit ke-29 yang lepas dari jebakan off side.

Tuan rumah Persib yang dimotori Eka Ramdani terlalu tangguh bagi Deltras. Tim Bandung menguasai irama permainan hampir sepanjang pertandingan.

Kekuatan Deltras berkurang setelah bek Firmansyah diusir ke luar lapangan setelah mendapat kartu merah dari wasit Armando Pribadi dari Yogyakarta.

"Meski tampil tanpa Cabanas dan bek Nyeck Nyobe, Persib tampil maksimal, meski pada babak pertama cenderung monoton. Serangan trio Hilton, Gonzales dan Zaenal Arief memaksa kiper Deltras, Mukti Ali Raja jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Hingga pluit panjang dibunyikan, kedudukan tetap 1-6 untuk Persib. Wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Boy Jati, Firdaus (Deltras), Atep (Persib).

"Hari yang luar biasa, sebuah kado yang istimewa bagi bobotoh pada laga kandang terakhir Persib di Bandung," kata Pelatih Persib, Jaya Hartono.

Jaya yang juga mantan pelatih Deltras itu menyebutkan, pemainnya dapat memanfaatkan kelebihan satu pemain setelah bek Deltras. Firmansyah terkena kartu merah.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009