Roma, (ANTARA News) - Pemain bertahan Manchester United Rio Ferdinand menyatakan prima untuk terjun dalam pertandingan final Liga Champions melawan Barcelona Rabu malam (1845 GMT) atau sekitar pukul 02.45 Kamis dini hari.

Bek tengah Inggris itu sebelumnya mengalami masalah dengan pahanya yang cedera ketika timnya menang 1-0 pada laga Liga Utama melawan Hull City, sedangkan pelatih Alex Ferguson menyatakan ia harus membutkikan dirinya sehat walafiat, demikian dikutip dari Reuters.

"Cedera itu sudah tidak masalah lagi. Saya sudah melakukan latihan beberapa hari dengan tim dan saya merasa enak," kata pemain itu dalam temu pers.

"Saya tidak akan turun lapangan bila belum prima 100 persen. Saya tidak akan memaksakan kehahiran saya dalam tim. Saya tidak melihat ada masalah dalam latihan dua tiga hari ini," tutur pemain itu.

Pemain berusia 30 tahun itu besar sekali perannya ketika membantu United musim lalu, khususnya ketika mereka bertandang ke Barcelona pada pertandingan semi final.

Hasil imbang 0-0 disusul dengan kemenangan kandang United 1-0 tetapi Ferdinand menginginkan timnya melakukan serangan pada Rabu ketimbang terlalu bertahan.

"Bertahan sangat ketat ketika melawan pemain yang berbakat merupakan sikap berbahaya. Tetapi kami dapat melakukan keduanya. Itulah kekuatan yang kami miliki sebagai satu kesatuan tim," katanya.

Playmaker penuh inspirasi Barca, Messi, selalu tampil amat tenang melawan tim Inggris sedangkan Ferdinand merasa percaya diri pertahanan United amat ampuh menahan serangan pemain Argentina itu.

"Agak sulit memikirkan siapa yang akan menghadapinya. Ia pemain fantastik yang memiliki kontrol tinggi, tetapi kami sudah menghadapinya sebelumnya," katanya.

Tim Ferguson itu merupakan tim pertama yang akan memiliki rekor berturut-turut pada Piala Eropa dan Liga Champions bila mereka menang Rabu. Ferdinand, bisa jadi, akan menjadi catatan dalam tonggak sejarah.

"Kami hanya ingin memenangkannya dan bila mereka melakukannya maka kami akan termuat dalam catatan sejarah. Kami hanya ingin menang dalam kompetisi ini dan kami akan menjadi tim besar besok," katanya ketika timnya akan menjalani latihan terakhir di Stadion Olimpico Roma.

Pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo, yang menembakkan bola seperti peluru ke jantung pertahanan lawan di Olimpico ketika melawan AS Roma pada perempat final musim lalu, kelihatannya akan tampil lagi di Roma.

"Jujur saja, stadion ini luar biasa," kata pemain dari Portugal itu, "Rasanya amat hebat bisa bermain di sini. Dalam ingatan saya, saya pernah bermain bagus di sini. Ini amat menakjubkan," katanya.

Ronaldo, yang gagal melakukan tendangan penalti pada adu penalti final musim lalu ketika melawan Chelsea, menyatakan bahwa timnya kali ini sudah melakukan latihan tendangan penalti.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009