Kabul, (ANTARA News) - Seorang adik Presiden Afghanistan Hamid Karzai pada Senin diserang di jalan menuju Kabul oleh gerilyawan-gerilyawan Taliban, yang menewaskan seorang pengawalnya Senin pagi.

Ahmad Wali Karzai, ketua dewan pemerintah provinsi di provinsi Kandahar, mengemukakan kepada Reuters ia sekitar satu jam dalam perjalanan dari ibukota provinsi itu di distrik Sarobi yang kacau saat serangan itu.

"Saya sehat dan selamat dari serangan itu," katanya dalam satu wawancara telepon, dan menambahkan ia menganggap serangan di jalan raya menuju provinsi Nangarhar di bagian timur negara itu, ditujukan terhadapnya.

"Mereka membunuh seorang dari para pengawal saya dalam baku tembak itu, tetapi saya berhasil keluar," tambahnya.

Adik Karzai itu juga selamat dari satu serangan Nopember lalu terhadap kantor-kantor pemerintah di provinsi kelahirannya, yang menewaskan enam orang dan mencederai paling sedikit 40 orang lainnya.

Taliban, yang digulingkan dari kekuasaan oleh pasukan AS dan Afghanistan tahun 2001, menghimpun kekuatan mereka dalam tahun-tahun belakangan ini, terutama di selatan dan timur negara itu.

Para komandan militer AS mengerahkan ribuan tentara bantuan untuk menggempur mereka dalam apa yang Washington anggap satu tahun yang menentukan bagi satu perang yang merupakan prioritas keamanan utamanya.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009