Guangzhou (ANTARA News) - Tim Jepang mempertahankan posisinya di Grup 1 Piala Sudirman setelah mengalahkan Hongkong 3-1 pada playoff degradasi di Guangzhou Gymnasium, Jumat malam.

Ganda putri Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna memastikan kemenangan Jepang dengan mengalahkan pasangan yang terdiri dari dua pemain tunggal, Wang Chen dan Zhou Mi 21-10, 21-15.

Wang Chen yang bermain pada ganda putri bersama Zhou Mi mengaku sedikit kecewa dengan hasil pertandingan yang membuat timnya terdegradasi.

"Tetapi kami sudah melakukan yang terbaik," katanya.

Ia mengatakan, mereka dipasang sebagai ganda putri dengan alasan pasangan putri yang mereka miliki sangat lemah sehingga pelatih berharap mereka bisa memanfaatkan taktik sebagai pemain tunggal untuk memenangi nomor ganda.

Sebelumnya, pasangan putra Kenta Kazuno/Kenichi Hayakawa hanya membutuhkan waktu 28 menit untuk membukukan angka pertama bagi Jepang dengan mengalahkan pasangan Albertus Susanto Njoto/Hui Wai Ho 21-15, 21-15.

Pemain tunggal putra Sho Sasaki menambahkan angka kedua bagi Jepang dengan menundukkan Chan Yan Kit 22-20, 21-15.

Pebulutangkis tunggal putri Yip Pui Yin menyumbang satu-satunya angka bagi Hong Kong setelah menang atas Mayu Sekiya 21-7, 21-16.

Kemenangan tersebut mempertahankan posisi Jepang pada Grup 1, sedangkan tim yang kalah, Hong Kong, terdegradasi dari grup teratas pada Piala Sudirman yang dipertandingan setiap dua tahun sekali itu.

Sementara itu, tim Denmark mengalahkan Inggris 3-2 untuk menempati urutan kelima Grup 1.

Sebelumnya, tim Thailand mengalahkan Rusia 3-0 untuk menempati posisi puncak Grup 2. Thailand memenangi tiga partai pertama yang dipertandingkan yakni ganda campuran, tunggal putra dan tunggal putri.

Pasangan peringkat delapan dunia Sudket Prapakamol/Saralee Thungthongkam menyumbang angka pertama dengan mengalahkan Alexander Nikolaenko/Valeria Sorokina 21-17, 12-21, 21-16.

Kemudian kakak-beradik Boonsak Ponsana dan Salakjit Ponsana menambahkan dua angka berikutnya untuk memastikan kemenangan.

Boonsak mengalahkan Stanislav Pukhov 21-8, 16-21, 21-15, sedangkan Salakjit unggul atas Ella Diehl 21-18, 21-14.

Kekalahan tersebut membawa Rusia berada di urutan kedua Grup 2 diikuti Taiwan, Singapura, Jerman, Belanda, Polandia dan Prancis pada posisi terakhir.

Sedangkan pada Grup 3, India berakhir di posisi teratas diikuti Bulgaria, Ukraina, AS, Skotlandia, Ceko, Swedia, dan Australia.

Adapun pada Grup 4, Swiss menempati posisi teratas diikuti Lithuania, Filipina, Portugal, Islandia, Afrika Selatan, Srilanka dan Turki. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009