Jakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menetapkan empat program unggulan untuk menuju pendidikan universitas itu bertaraf internasional yang dimulai 2009 hingga 2014, kata Rektor UNJ Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd.

Rektor mengemukakan hal itu kepada pers di Jakarta, Jumat, Seusai membuka acara Dies Natalis ke-45 UNJ (15 Mei -15 Juni 2009) yang diisi lomba pertandingan olahraga mahasiswa se;Jabodetabek, seminar ilmiah dan bakti sosial kepada masyarakat.

Menurut Rektor, empat program unggulan tersebut yaitu peningkatan sumberdaya manusia (SDM) tenaga pengajar, yakni seluruh dosen harus bersekolah lagi hingga lulus jenjang pendidikan program S-2 dan S-3 (doktor).

"UNJ memberikan beasiswa kepada para dosen untuk menempuh program S-2 dan S-3 sesuai pilihannya baik di dalam maupun di luar negeri," katanya.

UNJ terus mengembangkan program perbaikan sarana pendidikan dan pelatihan, yakni mulai membangun gedung kampus senilai Rp400 miliar berasal dari pinjaman Bank Pembangunan Asia (ADB) dan pembangunan gedung Teater Besar berlantai 10 yang diharapakan selesai akhir 2009 dengan biaya Rp100 milir dari dana APBN.

Pembangunan kampus senilai Rp400 miliar untuk sarana pendidikan bagi dosen dan mahasiswa dari tujuh fakultas dan program pasca sarjana, sedang pembangunan gedung Teater Besar digunakan untuk Pusat Peningkatan Sertifikasi Guru seta sebagai gedung serba guna.

Program unggulan ketiga UNJ yakni penyempurnaan atau revisi kurikulum bagi 82 program studi dari tujuh fakultas yang disesuaikan tuntutan perkembangan zaman.

Selain itu, program peningkatan SDM staf UNJ dan fasilitas "hot spot" jaringan internet di kampus UNJ sehingga seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa dapat membuka internet di kawasan kampus UNJ, serta untuk pelayanan administrasi mahasiswa cukup melalui internet baik dalam pendaftaran dan melihat hasil nilai ujian dan untuk pengumuman penting.

Rektor berharap melalui berbagai program unggulan tersebut, UNJ akan menjadi universitas terkemuka baik di tanah air maupun di kawana Asia Pasifik bahkan dunia dalam beberapa tahun mendatang.

Seementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNJ Dr Achmad Sofyan Hanif selaku ketua panitia Dies Natalis ke-45 UNJ, melaporkan, acara dies natalis terdiri atas 46 kegiatan yang berlangsung selama sebulan 15 Mei-15 Juni 2009 di kampus UNJ Rawamangaun Jakarta.

Acara dies bertemakan memantapkan manajemen mutu internal menuju pendidikan bertaraf internasional itu , antara lain diisi atraksi pencak silat dari mahasiswa, senam aerobik, pertunjukan wayang orang dengan empat bahasa, serta wisuda lulusan program D-3, S-1, S-2 dan S-3 pada (20/5) dan pengkuhan guru besar UNJ.

Selain itu, Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam (26-28/5) dan Seminar Nasional Pendidikan Kejuruan (18/5), Festival Teater UNJ (20/5 -15/6), Kejuaraan Bola Voli Mahasiswa Se-Jabodetabek (29-31/5), Kejuaraan Panahan dan Atletik antar pelajar SLTA se-Jakarta (23/5) dan donor darah (14/6).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009