Jakarta (ANTARA News) - Pelaksanaan Pemilihan Umum(Pemilu) di Indonesia tidak memperngaruhi kunjungan para turis asing ke Indonesia karena kondisi saat ini cukup aman dan kondusif.

Kunjungan turis dari berbagai negara dua pekan terakhir mulai meningkat ke Indonesia, sebagai awal liburan pada bulan Juni, Juli, dan Agustus 2009, kata Tuti, Senior Information Tournst C Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, kendati masyarakat di tanah air baru saja melakukan pemilihan wakil rakyat dan akan menghadapai pemilihan Persiden, namun pesta demokrasi itu tidak mempengaruhi jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia.

"Negara kita sekarang cukup aman. Dengan cukup banyak dan beragamnya obyek wisata yang ada di tanah air, kondisi itu sangat memikat para wisatawan asing," katanya.

Bila dilihat dari angka kunjungan wisata asing, yang terdafatar pada pusat informasi Theatere Jakarta saat ini, jumlah orang asing ke Indoesia meningkat. Biasanya, setiap hari rata-rata di bawah sepuluh orang, sekarang mencapai 30 orang per hari.

Turis yang melancong ke tanah air sekarang ini dari 49 negara, namun yang terbanyak adalah dari Belanda.

Mereka mengunjungi tempat wisata bahari di wilayah Jakarta, kemudian ke Jogyakarta, Surabaya, Bali, dan wilayah timur lainnya, namun ada juga menyebar ke Sumatera dan Kalimantan.

Dikatakannya, kunjungan wisata Indonesia ke luar negeri juga cukup banyak, terlebih Taiwan tahun ini mentargetkan wisata dari Indonesia ke negeri itu sebanyak 120 orang atau naik dari tahun lalu yang tercatat sekitar 90 orang.

Target itu optimis tercapai, kata Direktur Pariwisata Taiwan untuk Asia Pasifik yang bermarkas di Kuala Lumpur, Chang Fu Nan, saat mengadakan promosi wisata Taiwan di Mal Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat, baru-baru ini, ujar tuti.

Turis yang berasal dari Asia Tenggara setiap tahun rata-rata 800 ribu. Angka ini merupakan peringkat kedua setelah jumlah turis Jepang dengan rata-rata kunjungan sebanyak 1,2 juta per tahun.

Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara menjadi target utama promosi wisata Taiwan, ujarnya menirukan Chang Fu Nan tersebut.

Selama promosi di Mal Puri Indah, mereka memberikan diskon 50 persen. Diskon tersebut diberikan pembelian tiket bagi kedua, pembelian tiket China Airlines tujuan lain, pembelian tiket perjalanan ke Taiwan dan pembelian paket perjalanan dengan China Airlines.

Mereka juga menawarkan tiket gratis setiap transaksi ke-50 dan kelipatannya, tambahnya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009