Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib naik ke peringkat ketiga Klasemen Sementara Liga Super Indonesia (LSI) 2009 setelah mengalahkan PSMS Medan 2-0 (1-0) di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu malam.

Gol kemenangan Persib dicetak bek Nyeck Nyobe Gregorius Clement menit ke-25 dan Rafael Bastos menit ke-52 dari titik putih penalti.

Dengan tambahan tiga poin, Persib menggeser Sriwijaya FC dari peringkat ketiga klasemen dengan skor 54 hasil 27 kali bertanding, 16 kali menang, enam seri dan lima kali kalah.

Sementara PSMS Medan tertahan di peringkat ke-14 dengan nilai 24 hasil 29 kali bertanding, empat kali menang, 12 seri dan 13 kali kalah.

Kemenangan itu sekaligus memupus "mimpi buruk" Persib Bandung yang sempat kalah 1-2 di Stadion Si Jalak Harupat saat dijamu Pelita Jaya Jabar beberapa waktu lalu.

Meski meraih kemenangan, absennya duet maut Hilton Moriera dan Christian Gonzalez serta gelandang Lorenzo Cabanas yang terkena akumulasi dua kartu kuning mengurangi ketajaman lini depan "Maung Bandung" yang menurunkan Rafael Bastos dan Airlangga.

Hujan yang turun menjelang "kick off," membuat licin lapangan pertandingan. Di awal babak pertama kedua tim harus berjuang melawan genangan air yang menghalangi laju si kulit bundar.

Kedua tim memberondong lawan dengan tembakan "canon ball" dari lini tengah, Salah satunya gol Persib yang dicetak Nyeck Nyobe yang dilakukan melalui tembakan bebas dari jarak 35 meter.

Ketinggalan 1-0, PSMS tampil mengurung dengan tembakan-tembakan jarak jauh. Beberapa kali Rachmat Afandi dan Mario Costas mengancam gawang Persib yang dikawal Tema Mursadat. Namun hingga babak pertama usai kedudukan bertahan 0-1 untuk Persib.

Memasuki babak kedua, terjadi duel lini tengah yang dimotori Eka Ramdani (Persib) dan Zada (PSMS). Memasuki menit 52 pemain belakang PSMS, Mauro Pinto, melakukan "handsball" di kotak penalti sehingga wasit Suprihatin dari Magelang menunjuk titik penalti.

Keputusan penalti sempat diprotes pemain Medan, namun wasit tetap pada keputusannya. Rafael Bastos yang menjadi algojo, sukses melakukan eksekusi dengan menaklukan kiper Markus Horison sehingga Persib memimpin 2-0.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009