Berlin (ANTARA News/AFP) - Pasukan khusus Jerman dan tentara Afghanistan Kamis menangkap seorang yang diduga pemimpin gerilya dan diyakini berada di balik serangkaian serangan hebat, pemerintah Jerman mengatakan.

Kementerian pertahanan mengatakan dalam satu pernyataan bahwa tentara Jerman yang bertugas dengan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) di Afghanistan utara dan tentara setempat telah melakukan operasi Rabu malam untuk menangkap Abdul Razeq.

Tersangka ditemukan pada sekitar pukul 06.00 GMT di wilayah pegunungan sekitar 60 Km di tenggara Faisalabad dan dibawa ke penjara oleh pasukan Afghanistan.

"Dengan operasi yang berhasil ini, yang telah lama direncanakan dan yang mana seorang tersangka pelaku teror ditangkap, pasukan Jerman menunjukkan keefektifan mereka," Menteri Pertahanan Franz Josef Jung mengatakan.

Pernyataan itu mengatakan Abdul Razeq dipercaya berada di balik serangan terhadap konvoi Jerman Juni lalu, rencana serangan bom terhadap ISAF Juli lalu dan serangan terhadap konvoi gubernur povinsi di Badakshan di Afghanistan timurlaut November.

Ia akan diserahkan ke Direktorat Keamanan Nasional di Kabul.

Satu tentara Jerman terluka dalam operasi itu dan dirawat di Faisalabad. Kondisinya stabil, kata kementerian tersebut.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009