Jayapura (ANTARA News) - Tim kebanggaan masyarakat Papua, Persipura Jayapura, berhasil mengalahkan tim PSM Makasar 5-0 dalam lanjutan putaran kedua Liga Super Indonesia, Kamis.

Gol kemenangan Persipura tercipta melalui striker Boas Sollosa, pada menit ke-9 dan 94 serta Alberto Gonzalves (Beto) dimenit ke-11, 64, dan 88.

Bermain di hadapan pendukungnya di stadion Mandala Jayapura, Persipura Jayapura langsung mengambil inisiatif menyerang.

Pertandingan baru berjalan sembilan menit, Boas Sollosa yang berdiri bebas berhasil menggetarkan gawang PSM dengan tendangan kaki kirinya, memanfaatkan bola liar hasil tendangan penjuru sang kapten Eduard Ivak Dalam.

Berselang dua menit kemudian, yakni pada menit kesebelas, melalui skema serangan balik yang cepat, Beto berhasil mencetak gol kedua bagi Persipura, yang bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Persipura tetap memegang kendali permainan, dan berhasil menambah tiga gol ke gawang PSM, melalui kaki Beto pada menit ke 64 dan 88 serta ditutup dengan gol Boas Sollosa pada menit 88.

PSM Makasar sendiri nyaris tanpa peluang karena setiap serangan yang dibangun oleh sang kapten Syamsul Chaerudin dan rekan-rekannya, selalu kandas dikaki pemain bertahan Persipura yang dikomandoi Jack Komboy, Bio Pauline Piere, dan Victor Igbonefo.

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago mengatakan, sangat bersyukur timnya menang dan menjadikan timnya memiliki peluang lebih besar menjadi juara.

"Para pemain menunjukan performa yang luar biasa, meskipun begitu mereka tidak boleh terlena karena kompetisi belum selesai," katanya kepada wartawan seusai pertandingan.

Sementara, pelatih PSM Makasar, Hanafi, mengakui Persipura adalah tim yang kuat dan sulit dikalahkan, apalagi anak asuhnya sedang dalam kondisi kecapean karena masa istirahat yang sangat minim.

"saya ucapkan selamat pada Persipura, tim ini memang pantas untuk menjadi juara," katanya .
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009