Bandung (ANTARA News) - Berdasarkan hasil penghitungan perolehan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Jumat, Partai Demokrat meraih 28 kursi, padahal pada Pemilu 2004 partai pengusung Susilo Bambang Yudhoyono ini hanya mendapat sembilan kursi.

Perkiraan raihan kursi ini diperoleh Partai Demokrat dari seluruh daerah pemilihan (dapil) dengan jumlah yang bervariasi dari sebelas daerah pemilihan.

Peraih kursi besar lainnya adalah Partai Golkar dengan 16 kursi yang pada Pemilu 2004 lalu mendapat 28 kursi, kemudian PDI Perjuangan yang pada Pemilu 2004 mendapatkan 19 kursi kini turun menjadi 15 kursi.

Perolehan kursi Partai Keadilan Sejahtera juga berkurang satu menjadi 13 kursi.

Penurunan raihan kursi juga dialami Partai Persatuan Pembangunan yang memperoleh lima kursi.

Lima kursi atau dua kursi lebih sedikit dibanding Pemilu 2004 lalu juga diperoleh PAN, sedangkan PKB yang 2004 lalu mendapat tujuh kursi terpaksa hanya menempatkan dua calon legislatifnya.

Dan Partai Karya Peduli Bangsa yang telah menempatkan satu anggota legislatifnya di DPRD Jabar tidak mampu mendapat kursi tambahan lagi.

Dua partai baru yaitu Hanura dan Gerindra masing-masing meraih tiga kursi dan delapan kursi.

Jumlah pemilih di Jabar adalah 29.002.479 orang sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dimana 21.204.505 orang ikut pemilu sehingga tingkat partisipasi mencapai72,4 persen. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009