Kota Gaza (ANTARA News/AFP)- Pesawat-pesawat tempur Israel, Jumat, menyerang dua terowongan di perbatasan Gaza dengan Mesir setelah para pejuang Palestina menembakkan dua roket ke Israel, kata seorang juru bicara militer.

Para saksi mata kota perbatasan Rafah, Gaza mengkonfirmasikan serangan udara itu dan mengatakan tidak ada segera laporan mengenai korban.

"Kami menyerang dua terowongan," kata juru bicara militer. "Serangan ini dilakukan setelah satu serangan roket Selasa malam dan satu hari ini."

Para warga Palestina menggunakan ratusan terowongan untuk mengangkut barang-barang dan pasokan-pasokan lainnya ke Jalur Gaza yang dikuasai Hamas, yang berada dalam blokade Israel sejak Juni 2007, ketika kelompok Islam yang berjanji akan menghancurkan Israel itu, menguasai wilayah tersebut.

Israel mengatakan terowongan-terowongan itu juga digunakan untuk menyelundupkan roket-roket dan senjata-senjata lainnya ke daerah yang berpenduduk padat itu.

Jaringan terowongan itu dibom secara ekstensif oleh Israel selama serangan 22 harinya terhadap Hamas Desember dan Januari lalu, di mana lebih dari 1.400 warga Palestina tewas , demikian data pihak Palestina.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009