Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 40 ribu pelajar yang berasal dari 1.381 sekolah di Jakarta akan memenuhi jalan Sudirman dan Thamrin pada Minggu (3/5) dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei.

Kegiatan bertajuk "Gebyar Kreativitas Pelajar Provinsi Jakarta" itu menurut Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto sebagai refleksi serta aktualisasi hasil pembelajaran secara umum pendidikan di Jakarta baik bidang akademis dan nonakademis.

"Bentuk kegiatannya adalah prestasi yang diraih masing-masing sekolah dengan properti yang mudah dibongkar pasang, dengan atribut masing-masing sekolah, melibatkan guru dan pelajar," ujar Taufik di Kantor Dinas Pendidikan Jakarta, Kamis.

Kegiatan itu akan dilaksanakan mulai pukul 06.00-09.00 WIB yang bertempat di jalur cepat Jalan Sudirman dan Thamrin, tepatnya dari Air Mancur Sudirman hingga Bunderan Senayan.

Setiap wilayah akan menggunakan warna dasar sebagai warna khas wilayah misalnya dalam spanduk atau kaos yang dipakai, dengan rincian warna putih untuk Jakarta Pusat, biru laut untuk Jakarta Utara, orange untuk Jakarta Barat, hijau untuk Jakarta Selatan dan merah untuk Jakarta Timur.

Jumlah peserta setiap wilayah untuk SD, SMP, SMA dan SMK adalah 198 sekolah dari Jakarta Pusat, 245 sekolah dari Jakarta Utara, 330 sekolah dari Jakarta Barat, 271 sekolah dari Jakarta Selatan, 326 sekolah dari Jakarta Timur dan 11 perguruan tinggi sehingga total 1.381 sekolah.

"Diharapkan dapat dicatat pada rekor MURI (Museum Rekor Indonesia), sebuah pementasan kreativitas pelajar dengan peserta terbanyak yakni 40 ribu pelajar," kata Taufik.

Pelajar akan menampilkan kegiatan seperti marching band, marawis, tari, lagu, olah raga dan keterampilan lainnya.

Acara tersebut akan dibuka oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo yang akan melakukan peninjauan dengan menggunakan sepeda.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009