Malang (ANTARA News) - PSM Makassar berhasil menahan imbang tim tuan rumah Persija Jakarta 2-2 dalam lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Jatim, Rabu malam.

Dua gol PSM Makassar yang mampu mengoyak jala Persija Jakarta yang dikawal Hendro Kartiko itu dilesakkan oleh Diva Tarkas yang memanfaatkan umpan Claudio Pronetto pada menit ketiga dan Julio Lopez pada menit ke-51.

Sementara dua gol balasan Persija yang membobol gawang PSM yang dijaga Samsidar dipersembahkan oleh Aliyudin pada menit ke-60 dan Bambang Pamungkas melalui tandukan kepala umpan dari Fabio Lopez pada menit ke-90.

Pada menit-menit awal babak pertama, PSM langsung menggebrak dan mengobrak-abrik lini pertahanan Persija yang ditinggalkan beberapa pemain pilarnya, sehingga pemain PSM dengan mudah menerobos jantung pertahan PSM dan membuahkan gol pertamanya pada menit ketiga.

Tertinggal 0-1, para pemain Persija semakin meningkatkan tempo permainannya bahkan hingga 45 menit babak pertama, Persija terus mendominasi permainan, namun sayang hingga wasit Setiyono meniup peluit panjang babak pertama tak satupun gol yang berhasil mengoyak gawang PSM.

Memasuki babak kedua, Persija masih mendominasi permainan bahkan belasan peluang emas yang tercipta tak ada yang membuahkan gol bahkan Persija tertinggal 0-2 dari Persija.

Tertinggal 0-2 dari PSM, intensitas serangan Persija juga semakin tinggi dan terus mengepung lini pertahanan PSM, namun kokohnya pertahanan tim asal Makassar itu membuat para pemain Persija hanya menunggu celah dan kelengahan pemain belakang PSM.

Kebuntuan Persija yang sudah tertinggal 0-2 akhirnya terpecahkan dengan gol Aliyudin yang memanfaatkan bola memantul dari tandukan Bambang Pamungkas yang mampu ditepis penjaga gawang PSM, Samsidar dan menjelang babak kedua berakhir Bambang Pamungkas berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Namun, sayangnya, keberadaan Aliyudin yang mampu memecah konsentrasi para pemain PSM itu harus ditarik keluar oleh pelatih Danurwindo dan digantikan Melkey Pekey yang sebelumnya Agus Indra juga ditarik keluar yang digantikan M.Ilham.

Satu-satunya pemain PSM yang ditarik keluar oleh pelatih Hanafing adalah pemain yang membuka gol bagi PSM yakni Diva Tarkas yang digantikan oleh Amiruddin.

Sepanjang 90 menit pertandingan wasit Setiyono hanya mencabut satu kartu kuning yang dihadiahkan untuk pemain PSM, Djayusman, karena dinilai mengulur-ulur waktu dengan tidak segera melempar bola ke lapangan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009