Bekasi (ANTARA News) - Pemkot Bekasi, Jabar, Minggu, kembali menggelar kegiatan hari bebas kendaraan (Car Free Day) di Jalan Ahmad Yani Bekasi Selatan, dan program itu direncanakan akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Agus Dharma menjelaskan, melihat tingginya animo warga, program dimaksud akan digelar secara rutin setiap bulan pada akhir pekan.

"Bila dibandingkan dengan pelaksanaan sebelumnya, jumlah masyarakat yang datang saat ini jauh lebih banyak. Oleh karena itulah kami berencana melaksanakannya secara rutin pada pekan keempat setiap bulan," katanya.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya melakukan penutupan di beberapa ruas utama Jalan Ahmad Yani Bekasi Selatan mulai perempatan Kayuringin sampai dengan pertigaan Pemkot Bekasi.

Selain itu, Jalan Rawa Tembaga, dan Kayuringin yang menjadi jalur penghubung Jalan Ahmad Yani juga ditutup

Tri Adhianto, Kabid Tekhnis Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi menjelaskan, pihaknya tidak hanya melakukan penutupan ruas jalan saat pelaksanaan acara, namun juga melakukan pemilihan jenis kendaraan untuk dialihkan.

"Mulai dari tol barat dan perempatan Ahmad Yani kami melakukan pemilihan jenis kendaraan untuk pengalihan arus. Bila mobil-mobil kecil yang menuju ke arah Jalan Rawa Tembaga, Kranji dan sekitarnya bisa melewati Jalan Ahmad Yani sampai dengan perempatan Kayuringin. Namun untuk kendaraan besar seperti truk dan kontainer, kami alihkan melalui Jalan M Hasibuan, lalu ke Jalan Kemakmuran, baru ke Jalan Rawa Tembaga," katanya.

Mengingat banyaknya warga yang datang dengan menggunakan kendaraan, Dishub juga menyediakan fasilitas parkir alternatif seperti di Dinas Perdagangan dan Industri, serta ddung Pemkot Bekasi.

"Kami sudah menyadari akan hal itu, makanya kami telah menyiapkan alternatif parkir bagi masyarakat, dan semuanya tidak dipungut biaya," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009