Jakarta (ANTARA News) - Penyelenggaraan Indonesia Movie Awards (IMA) 2009 memperlihatkan banyaknya nama-nama baru artis yang masuk nominasi pada festival yang ketiga kalinya digelar oleh RCTI tersebut.

"Tahun ini banyak nama-nama baru yang masuk nominasi. Ini membuktikan IMA telah melahirkan aktor dan aktris film baru," kata Ketua Komisi IMA 2009, Indra Yudistira Ramadhan pada jumpa pers penyelenggaraan IMA 2009 di Jakarta, Kamis.

Indra mengatakan IMA 2009 hanya menilai dari sisi peran atau akting dari artis film.

Sedangkan film yang diikutkan pada IMA kali ini merupakan film yang dirilis pada periode 31 Januari 2008 - 28 Februari 2009 dan terkumpul 75 karya film dari 40 rumah produksi film.

"Dari 75 film hanya 42 film yang diikutsertakan dalam IMA 2009," kata Indra.

Dibanding tahun sebelumnya, film yang diikutsertakan dalam IMA 2009 kali ini lebih banyak berjenis genre drama dan hanya 16 film yang berhasil masuk nominasi setelah diseleksi oleh tim juri pada 18 april lalu.

Sedangkan tim juri IMA 2009 diketuai oleh Arswendo Atmowiloto, wakil ketua Ratna Riantiarno, dan anggota tim yaitu Didi Petet, Jajang C Noer, Darwit Triadi, El Manik dan Niniek L Karim.

Ketua Dewan Juri IMA 2009, Arswendo Atmowiloto mengatakan sebuah apresiasi sangat pantas diberikan kepada mereka-mereka yang terus menjaga kualitasnya dalam berakting di sebuah film.

"Kualitas akting yang prima menjadi sebuah totalitas yang harus dihargai dan di IMA 009, kualitas yang bicara," katanya.

Sedangkan juri IMA lainnya yang juga tokoh teater senior, Ratna Riantiarno mengatakan dia banyak tertarik dengan artis-artis muda dalam film-film nominasi IMA 2009.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009