Jakarta (ANTARA News) - Langkah Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengumpulkan pengurus DPP dan DPW PAN se-Indonesia bisa memecah belah partai tersebut, kata fungsionaris DPP PAN Azrul Tandjung.

"Seharusnya Pak Amien Rais tidak membuat langkah sendiri," kata Azrul di Jakarta, Rabu, menanggapi pertemuan yang berlangsung di kediaman Amien Rais di Pandeansari, Condongcatur, Depok, Sleman.

Usai pertemuan yang berlangsung pada Minggu (19/4), Amien Rais mengatakan akan mengajak Ketua Umum DPP PAN Sutrisno Bachir (SB) untuk bertemu dengan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"Masalah ini (koalisi PAN dan Partai Demokrat serta kader PAN sebagai calon wakil presiden - red.) akan saya komunikasikan langsung dengan SBY," kata Amien Rais.

Pertemuan dihadiri sebagian besar anggota MPP dan pengurus harian DPP PAN serta perwakilan 27 DPW PAN se-Indonesia.

Azrul mengatakan, keputusan partai hendaknya melalui mekanisme yang ada di partai. "Langkah Amien Rais bisa mencederai mekanisme partai," katanya.

Seharusnya, kata Azrul, Amien tidak membuat langkah sendiri karena bisa menimbulkan blok-blok di partai berlambang matahari tersebut. Langkah Amien tersebut juga seolah-olah membuat ada dua "matahari" di PAN.

Ia mengatakan, sebagai tokoh nasional yang kapasitasnya sudah teruji, Amien Rais, seharusnya mempertimbangkan dengan seksama setiap langkah yang akan diambilnya, apalagi menyangkut masalah koalisi.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009