Jakarta (ANTARA News) - Tata ruang kawasan Situ Gintung di Ciputat, Tangerang, Banten, sudah rampung dan beberapa kepala keluarga harus direlokasi dari daerah yang masuk kategori berbahaya.

"Rancangan dan tata ruang Situ Gintung sudah selesai dibuat," kata Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, di Jakarta, Minggu.

Mengenai pemindahan (relokasi) warga yang tempat tinggalnya masuk dalam daerah berbahaya, Menteri Pekerjaan Umum, menjadi tanggungjawab Pemkota Tangerang Selatan.

Dia mengatakan, perbaikan Situ Gintung tidak boleh lebih dari tahun 2009, terkait hal itu anggaran untuk merehabilitasi kawasan tersebut sudah dipersiapkan bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Terkait dengan bencana yang menewaskan ratusan orang itu, Departemen Pekerjaan Umum menawarkan tiga opsi kepada masyarakat dengan konsekuensi yang berbeda-beda.

Opsi pertama, menetapkan kawasan sebagai situ dan sungai, opsi kedua hanya sebagai situ, serta yang ketiga menjadi sungai, konsekuensi sejumlah kawasan ada yang harus direlokasi karena masuk dalam daerah berbahaya.

Sementara ini penanganan di Situ Gintung masih masuk dalam tanggap darurat belum masuk tahap rehabilitasi, dalam tahun 2009 penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi ditargetkan pemerintah rampung.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009