Bekasi (ANTARA News) - KPU Kota Bekasi, Jawa Barat, akan menggelar rapat pleno hasil penghitungan suara Sabtu ini dan hari Minggu besok (19/4) mulai pukul 14.00 WIB.

Anggota KPU Kota Bekasi divisi sosialisasi dan kampanye, Suranto, Sabtu, menyatakan, pleno akan diikuti oleh saksi partai, Panwas, unsur Muspida serta aparat keamanan terhadap perhitungan di PPK yang sudah diselesaikan.

"Ada empat kecamatan yang sudah menyelesaikan rekap perhitungan suara. Kita akan melakukan pleno sambil jalan memanfaatkan bahan yang sudah masuk terlebih dahulu," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam pleno tidak ada akan diakomodir lagi protes-protes dari saksi parpol ataupun keberatan lainnya, karena persoalan teknis seperti itu sudah harus selesai ditingkat PPK.

Pleno akan membahas rekap suara yang selesai di kecamatan yang sudah dilengkapi tanda tangan PPK serta saksi-saksi partai tanda sudah disetujui.

Suranto mengharapkan agar pelaksanaan pleno bisa berjalan lancar dan saksi partai serta Panwas tidak perlu lagi mengungkit-ungkit persoalan di PPK.

Hasil dari pleno KPU kota Bekasi tersebut akan dibawa ke KPU provinsi pada 22-23 April mendatang. "Anggota KPU kota Bekasi akan mengawal dan ikut dalam pleno provinsi," ujarnya.

Suranto menyatakan, PPK telah diberi tambahan waktu selama dua hari dari seharisnya diselesaikan pada 15 April lalu, namun banyaknya persoalan yang muncul serta rumitnya perhitungan dengan banyak partai dan calon mengakibatkan jadwal tersebut akhirnya molor.

Ketua PPK Bekasi Utara, Azis Mustaman, menyatakan pelno di KPU kota Bekasi belum akan melibatkan perhitungan suara diwilayahnya.

Ia menegaskan perhitungan berjalan lambat akibat banyaknya perhitungan ulang di beberapa TPS di kelurahan Perwira serta surat suara yang tertukar.

Azis menyatakan petugas PPK kesulitan menyelesaikan rekap hingga batas waktu yang ditentukan, meski begitu ia akan tetap mengupayakan.

"Kita memiliki lebih banyak mata pilih dan TPS dibanding beberapa kecamatan lain sementara persoalan teknis juga banyak muncul. Aparat sudah bekerja keras agar rekap bisa diselesaikan pada waktunya," ujar Azis.

Empat kecamatan yang sudah menyelesaikan rekap suara itu adalah Bekasi Barat, Jati Sampurna, Pondok Melati dan Medan Satria dan delapan kecamatan lain masih ditunggu.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009