London (ANTARA News/Reuters) - Arsenal tanpa banyak kesulitan melaju ke semifinal Liga Champions setelah pada pertandingan kedua perempat-final menang telak 3-0 atas tim tamu Villareal asal Spanyol di Stadion Emirates, London, Kamis dinihari WIB.

Kemenangan tersebut membuat The Gunners mencatat kemenangan dengan selisih rata-rata 4-1 setelah pada pertemuan pertama minggu lalu bermain imbang 1-1.

Pada semifinal pertama yang berlangsung 28 April mendatang, Arsenal akan berhadapan dengan sesama klub Inggris, Manchester United yang pada pertandingan lainnya menyingkirkan tuan rumah Porto dengan skor 1-0.

Pemain muda Theo Walcott mengawali pesta tuan rumah Arsenal dengan mencetak gol ketika pertandingan baru berlangsung sepuluh menit, sebelum Emmanuel Adebayor memperbesar keunggula menjadi 2-0 pada menit ke-60.

Adebayor juga mencetak gol balasan di kandang Villareal minggu lalu untuk menjadikan skor imbang 1-1.

Dengan hasil tersebut, Arsenal sebenarnya hanya cukup bermain imbang tanpa gol untuk memastikan lolos ke semifinal.

Harapan Villareal untuk melaju ke semifinal menjadi semakin tipis setelah Robin van Persie dengan tenang berhasil mengeksekusi penalti pada menit ke-69 untuk melengkapi kemenangan Arsenal menjadi 3-0.

Arsenal juga memupus harapan Villareal di Liga Champions pada babak semifinal musim kompetisi 2006.

Namun kali ini Arsenal menang dengan skor telak dan sebenarnya berpeluang untuk mencetak lebih banyak gol.

Sukses Arsenal mengikuti klub sesama asal kota London, Chelsea yang sehari sebelumnya juga lolos ke semifinal setelah secara dramatis menyingkirkan klub Inggris lainnya Liverpool dengan selisih rata-rata 7-5.

Setelah sukses melangkah ke semifinal Liga Champions, Arsenal juga akan bersiap untuk menghadapi Chelsea pada semifinal Piala FA, Sabtu mendatang di Stadion Wembley.

"Kami menurunkan tim dengan pertahanan ketat dan kami berhasil memperlihatkan permainan terbaik kami. Saya sangat terkesan dengan kualitas dan kecepatan pemain," kata pelatih Arsenal Arsene Wenger usai pertandingan.

"Villarreal sebenarnya mempunyai teknik bagus, tapi kami berhasil merepotkan mereka. Kami sangat berbahaya saat melakukan serangan balik," katanya.

Sementara itu pelatih Villareal Manuel Pellegrini berujar: "Mereka (Arsenal) memang lebih baik dari kami. Terjadinya gol kedua membuat kami makin sulit untuk bangkit, meski kami sebenarnya masih punya peluang."

Hasil lengkap pertandingan kedua perempat-final Liga Champions, Kamis dinihari WIB:

Di Stadion Emirates:

Arsenal 3 Villarreal 0

(Arsenal menang dengan selisih gol rata-rata 4-1)

Pencetak gol: Theo Walcott 10, Emmanuel Adebayor 60, Robin van

Persie 69 pen

Kartu merah: Sebastian Eguren (Villarreal) 67

Babak pertama: 1-0

Wasit: Wolfgang Stark (Jerman)

- -

Di Stadion Drago, Porto:

Porto 0 Manchester United 1

Manchester menang selisih gol rata-rata 3-2)

Pencetak gol: Cristiano Ronaldo 6

Babak pertama: 0-1

Wasit: Massimo Busacca (Swiss)(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009