Porto (ANTARA News/Reuters) - Gol tunggal Cristiano Ronaldo yang tercipta pada awal babak pertama membawa Manchester United (MU) ke semifinal Liga Champions setelah mengalahkan tuan rumah Porto 1-0, Rabu (Kamis dinihari WIB).

Dengan kemenangan tersebut, MU secara keseluruhan unggul 3-2 setelah pertemuan pertama minggu lalu di Old Trafford berakhir imbang 2-2.

Di semifinal pada 28 April mendatang, MU akan berhadapan dengan sesama klub asal Inggris Arsenal yang pada pertandingan lainnya menghancurkan harapan klub Spanyol Villareal dengan skor telak 3-0 di Stadion Emirates.

Secara keseluruhan, Arsenal unggul 4-1 karena pada pertemuan pertama di kandang lawan, bermain imbang 1-1.

MU tidak sekedar sukses membungkam harapan Porto yang sebelum pertandingan lebih diunggulkan, tapi juga mengukir sejarah untuk pertama kalinya klub Inggris mampu meraih kemenangan bila bertandang ke Porto.

Ronaldo, pemain asal Portugal, secara mengejutkan mencetak gol ketika pertandingan baru berlangsung enam menit melalui tendangan jarak jauh sekitar 30 meter dari gawang Porto yang dijaga Heltop.

Tidak ada satu pun pemain belakang Porto yang mengira bahwa Ronaldo akan melepaskan tendangan dari jarak sejauh itu sehingga tidak ada satu pun pemain yang mengantisipasi gerakan Ronaldo.

Porto butuh waktu cukup lama untuk pulih dari keterkejutan sebelum tuan rumah secara perlahan mulai menemukan kembali irama permainan mereka.

Pada menit ke-26, Bruno Alves mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan, tapi bola tendangannya melayang tipis diatas gawang Edwin van der Sar.

Porto yang mendapat dukungan penonton mencoba bangkit pada babak kedua dan mengurung lawan pada sepuluh menit terakhir.

Namun barisan pertahanan MU yang mengandalkan Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic, berhasil mematahkan setiap serangan Porto sehingga keunggulan 1-0 bisa dipertahankan sampai pertandingan usai.

Usai pertandingan, pelatih MU Alex Ferguson memuji penampilan Ronaldo yang menjadi penentu kemenangan timnya.

"Gol hasil tendangan itu sangat fantastis dan sulit dipercaya," katanya.

"Pemain juga memperlihatkan pertahanan yang sangat baik dan penuh konsentrasi. Itulah kunci kemenangan kami," katanya menambahkan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009