Lisbon, (ANTARA News) - Juara Eropa Manchester United mengharapkan kemenangan melalui kiprah Federico Macheda untuk menyingkirkan Porto dari kompetisi Liga Champions, Rabu.

Macheda (17), yang tampil sebagai pemain pengganti dalam dua laga kompetisi Liga Utama (Premier League), mencetak gol penentu kemenangan timnya ketika melawan Aston Villa dan Sunderland, demikian diwartakan Reuters.

Namun United harus memperkuat lini pertahanan, harus semakin kreatif di tengah dan mengatasi kelelahan mental mereka bila ingin mengalahkan Porto, yang mengejutkan banyak orang yang menyaksikan semangat juang mereka saat manahan Manchester 2-2 minggu lalu.

United sempat kecolongan ketika Cristian Rodriguez menghantam gawang mereka sampai akhirnya kedudukan 2-1 saat lahir dua gol balasan lima menit menjelang pertandingan berakhir, melalui Wayne Rooney dan Carlos Tevez.

Namun akibat lemahnya konsentrasi di lini tengah, Mariano lolos dan menyamakan kedudukan pada menit akhir.

"Kami hanya bisa menyalahkan diri kami sendiri. Kami mengakui kelemahan barisan bertahan kami menjelang akhir pertandingan," kata pelatih United, Alex Ferguson.

Kelemahan tim Ferguson itu sebenarnya sudah harus diantisipasi karena hal sama terjadi pada pertandingan lain ketika Liverpool mengalahkan mereka 1-4 di Old Trafford sebulan lalu.

United sudah kemasukan tujuh gol dalam empat pertandingan dan Ferguson saat ini mengharapkan pemain bertahan Inggris Rio Ferdinand sembuh dari nyeri otot yang dideritanya.

Ferguson seharusnya juga dapat menurunkan striker Dimitar Berbatov, yang sudah sembuh dari sakit pergelangan kaki yang membuatnya keluar dari pertandingan leg pertama.

"Kami dihadapkan pada pekerjaan berat dan sulit," demikian pengakuan Fergusson tentang timnya yang diharapkan menjadi tim pertama Inggris yang dapat menang pada pertandingan di Sadion Dragao mulik Porto.

Pelatih Porto Jesualdo Ferreira mengatakan kualitas permainan yang diperagakan pemainnya di Old Trafford terasa lebih penting ketimbang dua gol yang mereka ciptakan.

"Saya saksikan para pemain saya amat percaya diri dan optimistis. Ada periode tertentu saat kami tampil brilian dan mereka menunjukkannya," katanya.

Sorak sorai yang mengelukan tim itu membangkitkan semangat juang mereka dan bukan tidak mungkin mereka yang akan menyingkirkan United lagi, seperti ketika mereka membuka jalan mereka untuk meraih gelar di bawah pimpinan Jose Mourinho pada 2004.

"Hasil imbang 2-2 amat positif bagi kami tetapi masih ada pertandingan lain 90 menit lagi. Bila kami ingin maju ke putaran final, kami harus berusaha keras karena Manchester United memiliki banyak pemain bermutu," kata kapten Lucho Gonzalez.

Kemungkinan susunan pemain :

Porto: 1-Helton; 2-Bruno Alves, 14-Rolando, 21-Sapunaru,

28-Cissokho; 8-Lucho Gonzalez, 16-Raul Meireles, 25-Fernando;

9-Lisandro Lopez, 10-Cristian Rodriguez, 12-Hulk


Manchester United: 1-Edwin van der Sar; 22-John O`Shea,

5-Rio Ferdinand or 23-Jonny Evans, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice

Evra; 24-Darren Fletcher, 16-Michael Carrick, 18-Paul Scholes;

7-Cristiano Ronaldo, 10-Wayne Rooney, 9-Dimitar Berbatov

Wasit : Massimo Busacca (Swiss).

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009