Lisabon (ANTARA News/Reuters) - Juara bertahan Manchester United kemungkinan besar akan berharap lagi pada gol penentu kemenangan dari bocah Italia Federico Macheda untuk menyingkirkan Porto dari Liga Champions Rabu nanti.

Macheda (17) menjadi pemain pengganti dalam dua laga terakhir Liga Premier dengan mencetak gol-gol penentu saat melawan Aston Villa dan Sunderland.

Meski begitu United mesti memperketat lagi pertahanannya, lebih kreatif lagi di sektor tengah dan mengatasi kelelahan mental untuk menyingkirkan Porto yang mengejutkan banyak orang lewat penampilan dan semangat bertempur mereka saat menahan Manchester 2-2.

United membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu lewat gol dini Christian Rodriguez, menjadi 2-1 saat pertandingan tinggal lima menit lagi dari gol-gol yang diciptakan Wayne Rooney dan Carlos Tevez.

Namun kurang konsentrasinya sektor pertahanan telah membuat Mariano bisa menyamakan kedudukan di menit-menit kritis.

"Kami hanya bisa menyalahkan diri kami sendiri. Itu hanya mencontohkan formasi lemah dari pertahanan kami untuk sementara waktu," kata Manajer United Alex Ferguson.

Keprihatinan utama Ferguson adalah tiba-tiba lemahnya pertahanan timnya yang sepertinya tidak akan tergoyahkan selama musim ini sampai Liverpool membenamkan mereka 4-1 di Old Trafford sebulan lalu.

Sejak itu United mencetak tujuh gol di empat laga terakhir dan Ferguson berharap bek timnas Inggris Rio Ferdinand pulih dari cedera selangkangan.

Ferguson mestinya juga bisa menurunkan lagi Dimitar Berbatov yang baru saja sembuh dari cedera lutut yang membuatnya absen di leg pertama.

"Ini tugas yang sulit sekarang," kata Ferguson seraya mengutarakan tekadnya untuk menjadi tim Inggris pertama yang menang melawan Porto di Dragao Stadium.

Porto Yakin

Pelatih Porto Jesualdo Ferreira mengatakan kualitas timnya saat bertanding di Old Trafford jauh lebih penting dibanding dua gol di laga kandang.

"Saya menyorot kinerja tim yang memberi kami kepercayaan diri dan optimisme.  Ada masa ketika kami tampil brilian," katanya.

Aplaus atas penampilan gagah berani Porto telah membuat tim ini yakin bahwa mereka dapat mengalahkan lagi United seperti pernah mereka lakukan saat meraih tropi juara di bawah Jose Mourinho pada 2004, namun tidak ada seorang pun terbuai.

"Hasil 2-2 itu sangat positif tetapi masih ada 90 menit lainnya (pertandingan berikutnya). Jika kami ingin mencapai semifinal, kami harus rendah hati karena Manchester United memiliki kualitas tinggi," kata kapten Lucho Gonzalez.

Kemungkinan susunan pemain:
Porto: Helton (1), Bruno Alves (2), Rolando (14), Sapunaru (21), Cissokho (28), Lucho Gonzalez (8), Raul Meireles (16), Fernando (25), Lisandro Lopez (9), Cristian Rodriguez (10), Hulk (12)

Manchester United: Edwin van der Sar (1), John O'Shea (22), Rio Ferdinand (5) atau Jonny Evans (23), Nemanja Vidic (15), Patrice
Evra (3), Darren Fletcher (24), Michael Carrick (16), Paul Scholes (18), Cristiano Ronaldo (7), Wayne Rooney (10), Dimitar Berbatov (9)
(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009