Yogyakarta (ANTARA News) - Penumpang pesawat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melonjak selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan pelaksanaan Pemilu 2009.

"Sejak Rabu (8/4) lalu jumlah penumpang baik keberangkatan maupun kedatangan bertambah cukup signifikan, rata-rata menjadi 4.000 orang per hari," kata Asisten Manajer Pelayanan PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Hanad Prayitno, Jumat.

Menurut dia, sedangkan pada hari biasa jumlah penumpang untuk kedatangan dan keberangkatan antara 3.000 hingga 3.500 orang.

"Memang untuk peningkatan jumlah penumpang ini tidak sampai ada penambahan jumlah penerbangan, namun hampir semua kursi dari 35 penerbangan reguler terisi penuh," katanya.

Ia mengatakan, diperkirakan untuk peningkatan jumlah penumpang ini akan terjadi hingga Minggu (12/4) mendatang terutama untuk penumpang keberangkatan.

"Pada Minggu nanti penumpang untuk keberangkatan bisa mencapi lebih dari 5.000 orang karena saat ini hampir seluruh kursi di maskapai penerbangan sudah penuh untuk tanggal tersebut," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga tidak dapat memastikan apakah peningkatan jumlah penumpang ini terkait dengan pelaksanaan pemilu atau tidak.

"Setiap libur panjang akhir pekan memang jumlah penumpang meningkat, sehingga kami tidak dapat memastikan apakah peningkatan ini terkait pemilu atau tidak," katanya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009