Cikeas, Bogor (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar isu tentang kecurangan pemilihan umum (pemilu) yang muncul akhir-akhir ini tidak mengarah pada hal-hal yang justru dapat mengganggu jalannya pemilu.

Berbicara saat memberikan sambutan dalam acara doa dan zikir bersama di pendopo dekat kediamannya di Cikeas, Jabar, Rabu malam, Kepala Negara menilai isu potensi kecurangan pemilu seharusnya dijadikan cara untuk meningkatkan kewaspadaan bukan pada upaya untuk memperkeruh suasana politik dalam negeri.

"Saya perlu mengangkat masalah ini karena bila tidak diletakkan secara rasional bisa menganggu pikiran kita. Bila isu ini diangkat agar kita waspada saya mendukung, karena itu adalah hati dan pikiran kita bersama untuk memastikan pemilu berjalan dengan baik," katanya.

Namun, masih menurutnya, bila isu kecurangan itu dihembuskan disertai dengan agitasi dan provokasi tentu akan menjadi lain hasilnya.

"Apalagi belum-belum sudah ada anggapan pemerintah akan curang. Ini pemerintah yang mana?, kalau dari undang-undang pemilu semua sudah menjalankan fungsinya dengan baik, dan aturannya pun disusun bersama," kata presiden.

Presiden mempertanyakan dugaan akan curang tersebut bagaimana caranya, di bagian mana dan bagaimana jalannya karena telah ada aturan yang disusun.

"Mungkin dulu terjadi pemerintahan dari satu partai, bisa saja orang berpikir ada rekayasa, tapi sekarang presiden dan wapresnya dari parpol yang berbeda," katanya.

Presiden juga mengatakan tidak pernah terpikir atau terlintas untuk berbuat curang.

"Di jajaran pemerintah ada semua parpol, itu menjadi penyeimbang, di tingkat TPS pun berlapis-lapis pengamanannya, ada pula unsur pemantau sehingga tidak mudah kecurangan seperti yang dibayangkan," tegasnya.

Dari pihak penyelenggara pemilu pun, kata presiden, sekarang pemilu diselenggarakan bukan oleh pemerintah namun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak bertanggung jawab pada presiden maupun pemerintah.

"Mungkin ada yang berpikir jangan-jangan takut perolehan suara partai turun dan kemudian berpikir untuk bilang saja pemilu curang. Namun saya percaya para pemimpin dan partai politik tidak seperti itu, karena itu mari kita berdoa agar jangan ada keonaran yang terjadi," katanya.

Presiden menilai dapat saja potensi terjadinya gangguan keamanan akibat penempatan isu potensi kecurangan tersebut.

"Saya menyampaikan jangan biarkan negara kita mundur kembali. Bertahun-tahun kita bangun keamanan dan ketentraman. Adalah tugas saya untuk menjaga hal tersebut," tegasnya.

Meski demikian presiden mengatakan masyarakat tidak perlu was-was dan tetap berpikir positif untuk keberhasilan penyelenggaraan pemilu.

Presiden juga menilai ada upaya untuk menyebarkan fitnah dalam hari tenang pemilu dan meminta agar hal tersebut jangan sampai terjadi.

Presiden dan Ibu Negara menyelenggarakan doa dan zikir bersama di kediaman Cikeas yang dihadiri oleh 300 orang termasuk jamaah zikir Nurul Salam.

Acara berlangsung sejak pukul 19.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Dalam kesempatan itu Presiden Yudhoyono meminta ada empat hal yang didoakan yaitu pemilu berjalan dengan tertib, aman dan lancar, pemilu berlangsung jujur, adil dan demokratis, pemilu dijauhkan dari kecurangan dan saling curiga serta yang keempat adalah pemilu dijauhkan dari fitnah.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009