Strasbourg (ANTARA News) - Gedung Putih mengatakan, Sabtu, sekutu-sekutu NATO-nya akan mengirim sebanyak 5.000 tentara lagi ke Afghanistan, sebagai jawaban atas permintaan Presiden AS Barack Obama terhadap peran lebih besar aliansi itu.

Jurubicara Obama Robert Gibb mengatakan, jumlah itu akan termasuk 3.000 tentara untuk penempatan jangka-pendek guna memberikan keamanan pada pemilihan akhir tahun ini, yang mencakup 900 tentara dari Inggris, 600 dari Jerman dan 600 dari Spanyol.

Sebanyak 1.400 hingga 2.000 tentara lagi juga akan tersedia dalam 70 unit yang terdiri atas 20-40 tentara setiap unitnya untuk membentuk tim pelatihan yang melekat di unit-unit militer Afghanistan.

Gedung Putih juga mengatakan, pertemuan puncak NATO di Strasbourg setuju membentuk misi aliansi guna memberikan pelatihan yang lebih baik di militer dan pasukan polisi Afghanistan.

Beberapa negara akan menyumbang lebih dari 300 pelatih dan mentor paramiliter baru untuk dinas polisi Afghanistan yang sedang berjuang, kata Gedung Putih seperti yang dilaporkan kantor berita AFP.

Aliansi itu, yang bertemu pada pertemuan puncak ulang tahun ke 60, juga setuju meningkatkan dana menyokong militer Afghanistan dan melakukan pembayaran uang muka lebih dari 100 juta dolar (74 juta euro). (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009