Kuala Lumpur (ANTARA News) - Dubes RI untuk Malaysia Dai Bachtiar mengakui telah mengetahui kehadiran Hasan Muhammad Di Tiro di Selangor, Malaysia.

"Memang betul Hasan Di Tiro sudah di Malaysia beberapa hari lalu dan beberapa staf kedutaan pun sudah menemuinya sekretaris pribadinya di Shah Alam, Selangor," kata Dai seusai menyaksikan pelantikan Panwaslu untuk tujuh KJRI dari tiga negara di KBRI Kuala Lumpur, Sabtu.

Namun Dai mengatakan tidak akan menemui ataupun mengundangnya ke KBRI Kuala Lumpur karena kedatangan deklarator gerakan Aceh merdeka (GAM) itu merupakan kunjungan personal.

Hasan Di Tiro telah tiba di Malaysia, Selasa pagi, 31 Maret 2009. Rencananya, ia akan memantau kampanye dan pelaksanaan Pemilu di Aceh, khususnya Partai Aceh. Bahkan akan datang langsung atau kembali ke kampung halamannya lagi pada 1 April 2009 untuk memantau langsung Pemilu.

Kedatangannya ke Aceh sangat tergantung dengan kondisi keamanan di Aceh dan kesehatannya.

Keberadaannya di Malaysia dirahasiakan dan beberapa nomor telefon genggam mantan panglima GAM di Malaysia tidak bisa dihubungi beberapa hari belakangan ini.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009